Senin 25 Sep 2023 14:02 WIB

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jelang Kematian Hingga Sebelum Sakaratul Maut

Tubuh manusia memiliki cara bekerja tersendiri menjelang kematian.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ini yang Terjadi pada Tubuh Jelang Kematian Hingga Sebelum Sakaratul Maut
Foto:

Apa yang terjadi pada minggu-minggu sebelum kematian?

Kebanyakan orang yang sedang sekarat merasa lelah. Mereka mungkin ingin tidur lebih sering atau lebih lama. Mereka mungkin ingin bicara lebih sedikit, meski ada juga yang ingin bicara lebih banyak.

Mereka mungkin ingin makan lebih sedikit atau makan makanan lain karena perut dan sistem pencernaannya melambat. Seseorang yang sedang sekarat mungkin juga mengalami penurunan berat badan dan kulitnya menjadi lebih tipis. Tubuh kini kesulitan untuk meregenerasi sel-sel kulit, serta organ lainnya.

Apa yang terjadi pada hari-hari sebelum kematian?

Pada hari-hari sebelum kematiannya, kendali seseorang terhadap pernapasannya mulai melemah. Mereka mungkin bernapas lebih lambat untuk beberapa saat, lalu lebih cepat. Sehingga pernapasan mereka secara keseluruhan menjadi tidak dapat diprediksi.

Cairan mulai berkumpul di paru-parunya, dan pernapasannya mulai terdengar berderit-derit. Mereka mungkin batuk, tapi tidak terlalu dalam.

Beberapa orang mengalami ledakan energi dalam 24 jam sebelum mereka meninggal. Sehingga bisa duduk dan berbicara dengan normal dalam waktu singkat.

Seringkali, warna kulit seseorang berubah pada hari-hari sebelum kematian seiring dengan menurunnya sirkulasi darah. Mereka bisa menjadi lebih pucat atau abu-abu atau kulit mereka menjadi berbintik-bintik.

Dengan hilangnya oksigen ke otak, mereka mungkin menjadi lemas dan mengantuk. Beberapa orang mengalami halusinasi dan berbicara dengan orang yang tidak ada di sana. Beberapa menjadi tidak sadarkan diri beberapa hari sebelum meninggal.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement