Selasa 19 Sep 2023 21:45 WIB

Nahdlatul Aulia Gelar Istighatsah untuk Keselamatan Bangsa di GBK

Istighatsah ini diselenggarakan untuk keselamatan bangsa dan negara.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Mahmud Muhyidin
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Nahdlatul Aulia KH Sjech Khatibul Umam Wiranu mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan doa bersama dalam kegiatan istighatsah yang akan digelar pada di kompleks Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, Ahad (24/9/2023).

Organisasi Islam yang berfokus pada penyebaran ilmu tauhid dan tarekat ini berkomitmen untuk ikut berperan aktif dalam mewujudkan keselamatan, ketenteraman dan kedamaian masyarakat Indonesia.

Baca Juga

“Istighatsah ini diselenggarakan untuk keselamatan bangsa dan negara, yang intinya adalah kemerdekaan dan kedaulatan. Apalagi, kita menghadapi Pemilu 2024,” ujar Kiai Khatibul Umam dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (19/9/2023).

Dia mengatakan, Nahdlatul Aulia merupakan generasi baru yang ingin menciptakan masyarakat yang berlandaskan pada Sila Pertama Pancasila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

Sedangkan, penyelenggaraan istighatsah ini merupakan bukti nyata Nahdlatul Aulia berkontribusi dalam proses perbaikan bangsa dan negara. Apalagi, lanjut dia, proses perbaikan bangsa dan negara tidak hanya menjadi beban para pemimpin namun juga seluruh masyarakat Indonesia.

“Istighatsah dimaksudkan untuk mendoakan bangsa ini agar selamat, tetap dalam persatuan di tengah kebhinekaan, tetap dalam manunggalnya pemimpin dan rakyat. Dari satu bangsa Indonesia untuk semua masyarakat. Dan dari semua bangsa Indonesia untuk satu yaitu keselamatan Bangsa-Negara Indonesia,” ucap dia.

Dia pun mengingatkan pendiri bangsa Indonesia, Bung Karno telah memberikan teladan kepada rakyat Indonesia agar mewujudkan sila pertama Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua, seluruh masyarakat apa pun agamanya, warna kulitnya, suku bangsanya semua menuju satu masyarakat yang sejahtera, damai, adil, dan makmur di bawah lindungan Allah SWT,” kata Kiai Khatibul Umam.

Istighatsah ini diperkirakan akan dihadiri sekitar 10 ribu orang dari seluruh wilayah Indonesia ini, khususnya dari Pulau Jawa dan Lampung. Di dalam istighatsah ini, Nahdlatul Aulia akan mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk bertobat dan mengakui kesalahan kepada Allah SWT, mempraktikkan keimanan kepada Allah, serta berbuat baik.

Kiai Khatibul Umam berharap bangsa Indonesia mendapat hidayah kolektif berupa kemerdekaan dan kedaulatan menuju kesejahteraan bersama yang menjadi cita-cita para pendiri bangsa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement