Senin 18 Sep 2023 17:33 WIB

Puji Lirik Lagu Ya Lal Wathon, Jokowi: Tunjukkan Komitmen Kuat NU Jaga Indonesia

NU menggelar Konbes dan Munas Alim Ulama di Jakarta Timur

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Presiden Joko Widodo (Jokowi)saat sambutan dan membuka Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas dan Konbes NU).
Foto: Dok PBNU
Presiden Joko Widodo (Jokowi)saat sambutan dan membuka Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas dan Konbes NU).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Lagu Ya Lal Wathon bergema di dalam acara pembukaan Munas dan Konbes NU di Pondok Pesantren Al-Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (18/9/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sejumlah pejabat yang hadir turut menyanyikan lagu khas Nahdliyin tersebut.  

Dalam sambutannya, Jokowi pun memuji lirik lagu Ya Lal Wathon. Menurut dia, lirik lagu ciptaan KH Abdul Wahab Hasbullah tersebut menunjukkan komitmen kuat NU. 

Baca Juga

"Sebagaimana lirik lagu Ya Lal Wathon yang tadi baru kita nyanyikan, kita kumandangkan bersama-sama 'Indonesia negeriku, engkau panji martabatku, siapa datang mengancammu kan binasa di bawah durimu', luar biasa ini menunjukkan komitmen kuat NU dalam menjaga Indonesia, dalam menjaga pancasila, dalam menjaga NKRI, dalam menjaga toleransi dan menjaga persatuan dan kerukunan," kata Jokowi. 

Atas nama masyarakat, bangsa dan negara, Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada para alim ulama, para kiai, para masyayikh, dan kepada keluarga besar NU. Dia pun mengakui kekuatan besar NU serta mendukung apa yang sedang dan akan dilakukan  PBNU. 

"Digitalisasi bisa masuk sebagai pintu masuknya untuk mengkonsolidasikan kekuatan NU, baik yang ada di dalam negeri, maupun yang berada di luar negeri," jelas Jokowi. 

Baca juga: Dalil Ayat Alquran dan Hadits Ini Tegaskan Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul Terakhir

Untuk diketahui, pembukaan Munas dan Konbes NU 2023 ini dibuka secara resmi oleh Jokowi di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur. Jokowi memasuki acara sekitar pukul 08.23 WIB berbarengan dengan Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Menteri Pertahana Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Selain itu, pembukaan Munas dan Konbes NU ini juga dihadiri Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, Menkopolhukam Mahfud MD, dan Men-PANRB Abdullah Azwar Anas. Hadir pula Ketua DPRI RI Puan Maharani. 

Baca juga: Keajaiban Angka 19 yang Disebutkan dalam Alquran dan Pengakuan Sarjana Barat 

Acara pembukaan Munas dan Konbes NU ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga lagu khas warga Nahdliyin, Ya Lal Wathon. 

Para tamu penting yang hadir pun turut mengepalkan tangan saat Ya Lal Wathon dilantunkan, termasuk Jokowi, Prabowo, dan Erick Thohir.

Setelah dibuka di Pesantren Al Hamid, kemudian para peserta Munas dan Konbes akan mengikuti semua rangkaian kegiatan yang akan dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Di asrama haji ini, semua peserta akan bersidang dan menginap hingga 20 September 2023.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement