Jumat 08 Sep 2023 19:36 WIB

Kemenparekraf Launching The Wonderful Mosque of Indonesia E-Catalogue di Padang

E-Catalogue ini memuat informasi 74 masjid dari 16 provinsi di Indonesia.

Rep: Febrian Fachri / Red: Agus Yulianto
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif launching The Wonderful Mosque of Indonesia E-Catalogue yang menjadi media promosi informasi akan besarnya potensi Masjid di Indonesia.
Foto: Republika/Febrian Facri
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif launching The Wonderful Mosque of Indonesia E-Catalogue yang menjadi media promosi informasi akan besarnya potensi Masjid di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menginisiasi disusunnya The Wonderful Mosque of Indonesia E-Catalogue yang menjadi media promosi informasi akan besarnya potensi Masjid di Indonesia sebagai sebuah destinasi pariwisata.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan, E-Catalogue ini memuat informasi 74 masjid dari 16 provinsi di Indonesia yang memiliki potensi daya tarik wisata berdasarkan 7 kategori tema.

Yaitu nilai sejarah, nilai arsitektur, nilai budaya, nilai amenitas, nilai edu-religi, nilai tujuan ziarah, nilai socialpreneur dan nilai eco-mosque.

"Seperti yang ada di Sumatra Barat ini, ada Masjid Raya Sumatra Barat yang memiliki keunikan pada desain arsitekturnya. Masjid raya Sumatra Barat memiliki kubah menyerupai rumah tradisional khas Suku Minang, Rumah Gadang. Selain itu, dinding Masjid ini juga dihiasi dengan kaligrafi dan ukiran khas Budaya Minangkabau," kata Sandiaga di Padang, Jumat (8/9/2023).

Sandi menyebut potensi masjid tersebut apabila dikelola dan dipromosikan sebagai sebuah destinasi pariwisata, diharapkan dapat membawa manfaat perekonomian bagi masyarakat di sekitarnya.

"Tentunya pengelolaan tersebut tidak boleh meninggalkan fungsi utamanya sebagai tempat beribadah," ujar Sandi.

Sandi menjelaskan perjalanan panjang yang melewati berbagai macam akulturasi budaya dengan menjadikan masjid-masjid di Indonesia memiliki keunikan dan keragamannya masing-masing.

Masjid-Masjid di Indonesia kata Sandi merupakan pranata keagamaan yang tidak lepas dari kehidupan sosial bermasyarakat. Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai tempat berdiskusi, aktivitas niaga, pendidikan, serta kegiatan sosial lainnya. E-Catalogue ini dapat diunduh melalui laman website kami di www.indonesia.travel.

"Kemenparekraf menyadari bahwa E-Catalogue ini belum dapat mengakomodir besarnya potensi masjid lain di seluruh Indonesia. Namun, Kemenparekraf berharap peluncuran e-catalogue ini dapat menjadi motivasi bagi para pengurus Masjid di seluruh Indonesia untuk mempromosikan masjid-masjidnya sehingga akan banyak wisatawan yang datang dan membawa manfaat ekonomi bagi masyarakat di sekitarnya," kata Sandi menambahkan.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement