Rabu 06 Sep 2023 12:22 WIB

Dato Anwar Ibrahim Bersama Para Tokoh Islam Indonesia Bertemu Bahas Wawasan Negara Madani

Wawacan Negara Madani buat Asia Tenggara jadi epicentrum kebangkitan peradaban Islam

Di sela-sela kesibukan menghadiri ASEAN SUMMIT pada Selasa lalu (04/09/2023), Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim menerima Delegasi Tokoh Islam Indonesia, di Jakarta.  Delegasi Tokoh Islam Indonesia, yang dipimpin Mantan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof Dr M Din Syamsuddin.
Foto: Istimewa
Di sela-sela kesibukan menghadiri ASEAN SUMMIT pada Selasa lalu (04/09/2023), Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim menerima Delegasi Tokoh Islam Indonesia, di Jakarta. Delegasi Tokoh Islam Indonesia, yang dipimpin Mantan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof Dr M Din Syamsuddin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di sela-sela kesibukan menghadiri ASEAN SUMMIT pada Selasa lalu (04/09/2023), Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Ibrahim menerima Delegasi Tokoh Islam Indonesia, di Jakarta.  Delegasi Tokoh Islam Indonesia, yang dipimpin Mantan Ketua Dewan Pertimbangan MUI Prof Dr M Din Syamsuddin.

Para anggoa delegasi yang ikut hadir lainnya adalah Dr. Jeje Jaenuddin - Ketua Umum PP Persatuan Islam, Prof. Dr. Ja'far Hafsah - Wakil Ketua Umum ICMI, Dr. Yusnar Yusuf -Mantan Ketua Umum PB Al-Washliyah, Komjen Pol (Purn) Dr. Syafruddin - Wakil Ketua Umum DPP Dewan Masjid Indonesia, Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi - Presiden Universitas Darussalam/Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor,

Selan itu ikut para tokoh perempuan Indonesia seperti Dr Khofifah Indarparawansa selaku Ketua Umum PP Muslimat NU, Dr  Sabriati Aziz selaku Ketua Dewan Penasehat Wanita Hidayatullah, Dra Marfuah Mustofa MPd sebagai Ketua Umum PP Wanita Islam, Dra Mufidah Aziz dari PP Wanita Al-Irsyad, Dr Syifa Fauzia selaku Ketua Umum PP Badan Kontak Majelis Taklim, dan Dr Rashda Diana, Lc, MA sebagai Pengasuh PMI Dea Malela, Sumbawa.

Dalam pertemuan singkat yang berlangsung akrab dan terbuka itu dibahas Wawasan Negara Madani yang digagas Dato Seri Anwar Ibrahim, dan pentingnya peningkatan kerja sama antara kedua bangsa serumpun, baik antara rakyat dengan rakyat, maupun antara rakyat (Umat Islam Indonesia) dan negara (Pemerintah Malaysia).

 

Pada kesempatan dialog itu, Din Syamsuddin menyatakan bahwa jika kerja sama umat Islam Indonesia-Malaysia berhasil maka akan mewujudkan ramalan Mantan Maha Guru Studi Islam University of Chicago Prof. Fazlurrahman bahwa kawasan Asia Tenggara akan menjadi epicentrum kebangkitan Peradaban Islam masa depan.

"Kami berharap Wawasan Madani dari Anwar Ibrahim dapat berjaya dan memajukan tidak hanya negara tapi juga masyarakat. Sebab, kekuatan Wawasan Madani Dato Seri Anwar Ibrahim terletak pada pemaduan antara negara dan masyarakat,'' kata Din Syamsuddin.

Para tokoh dalam pertemuan itu pun bersepakat bahwa untuk perwujudan cita-cita  perlu tersebut maka ke depan perlu terus mengarusutamakan Wawasan Islam Jalan Tengah (wasatiyyah).

"Umat Islam harus menjadi umat tengahan (ummatan wasathan), yaitu umat yang terbuka dengan menjunjung tinggi kemajemukan, moderat dan toleran terhadap perbedaan, dan selalu bersedia hidup berdampingan secara damai serta bekerja sama dengan umat agama-agama lain untuk kemajuan bersama,'' tegas Din Syamsuddin.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement