Sabtu 02 Sep 2023 22:33 WIB

Ulama Al Azhar Resmikan Yayasan Syekh Usamah Al Azhari di Indonesia

Muassasah akan fokus pada pendidikan, sosial kemanusiaan, dan dakwah Islam moderat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
 Salah seorang ulama besar dari Al-Azhar sekaligus Penasihat Presiden Mesir, Syekh Usamah Sayyid Al-Azhari meresmikan Yayasan Syekh Usamah Al Azhari di Hotel Pullman Jakarta, Sabtu (2/9/2023). Peresmian yayasan ini juga dihadiri Ketua Forum Sufi Dunia sekaligus pembina yayasan, Habib Luthfi bin Yahya.
Foto:

“Masak kita masih ngantuk atau tidur terus. Kapan kita akan menjawab tantangan umat, tantangan bangsa ini? Alhamdulillah terjalinnya Mesir dengan Indonesia, di situlah akan menjadi jawaban untuk kita semuanya,” kata Habib Luthfi.

Ketua Yayasan Syekh Usamah Al Azhari Muhammad Hidayatulloh mengungkapkan rasa bahagianya dengan berdirinya yayasan ini di Indonesia. Menurut dia, kehadiran lembaga ini akan memperkuat hubungan baik Mesir dan Indonesia.

“Dan ini adalah usaha Syekh Usamah untuk mendidik anak-anak Indonesia dalam berbagai bidang ilmu agama,” ujar Hidayatulloh dalam sambutannya.

Dia mengatakan, yayasan didirikan untuk melayani Islam dan kaum muslimin, melayani kemanusiaan, dan memberikan pendidikan kepada anak-anak Indonesia dan dunia Islam pada umumnya. Menurut dia, Yayasan Syekh Usman Al Azhari nantinya akan melahirkan generasi yang akan memberikan manfaat untuk negeri, serta menyebarkan perdamaian.   

“Dasar pemikiran pendirian yayasan ini untuk melayani Islam dan kaum muslimin dan bahkan melayani kemanusiaan, anak-anak Indonesia serta dunia Islam pada umumnya,” kata dia.

Peresmian yayasan ini juga mendapatkan apresiasi dari berbagai ulama dunia, seperti Mufti Mesir Syekh Prof Dr Syauqi Allam, Pengasuh Darul Musthofa Yaman Habib Umar bin Hafidz, Rektor Universitas Al Qarawiyyin Maroko Syekh Prof Idris Al-Fasi Al-Fihri, Ketua Majelis Fatwa Nigeria Syekh Ibrahim Sholeh Al Husaini, dan Wakil Ketua Persatuan Sufi Dunia, Syekh Riyadh Hassan Bazo.

Beberapa ulama dan pendakwah Indonesia juga tampak hadir di acara peresmian yayasan ini, seperti Imam Masjid Istiqlal Jakarta KH Nasaruddin Umar, Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan, Ustaz Bachtiar Nasir, dan Ustaz Fahmi Salim. Turut hadir juga perwakilan dari kalangan artis, Dude Herlino dan Arie Untung.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement