Rabu 30 Aug 2023 15:11 WIB

Menengok Sejarah Pembangunan Masjid Ar Rahma, Masjid Satu-satunya di Kyiv

Umat Muslim di Ukraina telah menunggu masjid selama lebih dari 100 tahun.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Ar Rahma di Kyiv, Ukraina.
Foto:

Masjid ini meliputi area seluas 3.200 meter persegi. Bahan dekorasinya didatangkan dari Azerbaijan dan karpet untuk mushala yang luasnya lebih dari 1.000 meter persegi dikirim dari Turki. Masjid ini memiliki tiga aula yang berisi 24 kolom melingkar.

Aula pertama diatapi kubah dengan diameter 6 meter dan tinggi 6 meter yang di atasnya berdiri bulan sabit. Aula kedua memiliki kubah yang lebih rendah, dengan diameter 22 meter dan tinggi sekitar 3 meter. Selain keduanya, kompleks ini memiliki 7 kubah lagi dengan ketinggian mulai dari 1 hingga 2,5 meter yang semuanya dilapisi tembaga. Jendela di bawah kubah utama terbuat dari kaca patri.

Masjid ini memiliki dua mihrab, ceruk khusus di dinding yang menunjukkan arah kiblat untuk shalat dan dua mimbar. Di halaman ada menara-menara yang tingginya mencapai 27 meter yang puncaknya dicapai dengan tangga spiral internal yang terdiri dari 118 anak tangga. Masjid ini menyelenggarakan acara yang didedikasikan untuk hari raya keagamaan Islam, secara teratur.

Rumah penerbitan "Aya Group", studio radio Muslim "Mplus", pusat media "Media Islam", sekolah membaca Quaran, Pusat Sertifikasi Halal, taman bermain, taman kanak-kanak, sekolah "Al-Ishrad" dan Universitas Islam semuanya beroperasi di wilayah kompleks Islam Ar-Rahma. Ada juga perpustakaan Islam yang besar, berisi literatur Islam yang diterjemahkan ke dalam banyak bahasa.

Masjid ini bisa menjadi lokasi melakukan ritual pernikahan (nikah), serta penyembuhan Islam (ruqyah) dan ritual penguburan (pemulasaran). Setiap Jumat ada khutbah dan Jumu'ah Namaz. Salah satu yang berharga dan terbesar dari Ar-Rahma adalah rambut dari Nabi Muhammad yang merupakan peninggalan suci. Oleh karena itu, umat Islam di Ukraina memiliki kesempatan unik untuk mencari berkah dari peninggalan Orang Adil (tabbaruk) di negara asalnya.

Masjid ini dapat menampung sekitar 3.000 orang sekaligus dan terbuka untuk semua orang. Ada tur dan ceramah gratis tentang Islam. Pada Jumat, ada pembagian makanan bagi mereka yang membutuhkan. Pada malam hari, kompleks ini diterangi dengan warna hijau dan terlihat sangat indah.

Cara menuju lokasi: rute paling nyaman ke Masjid Ar-Rahma adalah dari stasiun metro Kontraktova Ploshcha dengan bus #417, #432 (atau dengan trem #14, #18) ke halte "Solyana Street", lalu naik Lukyanivska jalan menuju Gunung Shchekavytsia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement