Rabu 23 Aug 2023 10:19 WIB

Hati-Hati Kala Berselfie Ria Ketika Umroh yang Ternyata Malah Bisa Sebarkan Dosa

Bermasalah bila selfie malah membuka aurat kemudian menyebarkannya ke medsos.

Jamaah umrah melakukan foto selfie di tengah terik matahari di Jabal Rahmah
Foto:

Hati-hati selfie ketika umroh

Berkesempatan menunaikan ibadah haji atau umroh adalah kesempatan yang patut disyukuri dengan penuh sukacita. Tentu saja, akan lebih penuh arti bila ibadah ini mampui menuai kesempurnaan dan ampunan, yakni menjadi haji yang mabrur.

Seiring dengan perkembangan teknologi, setiap orang atau jamaah saat pergi berhaji pasti sudah menyediakan berbagai peralatan untuk mengabadikan perjalanan sucinya itu. Kecanggihan teknologi telepon seluler adalah alat utama untuk merekam berbagai aktivitas jamaah, baik dalam bentuk foto maupun rekaman video.

Ibaratnya, hanya dengan mengeklik telepon seluler semua aktivitas ketika di Tanah Suci bisa langsung terlihat dan dapat segera diunggah ke media sosial yang saat ini tengah menjadi tren masyarakat Indonesia.

“Tapi ingat, hati-hati bila berfoto ria dan melakukan selfie (swafoto) ketika mengenakan pakaian ihram,’’ begitu nasihat seorang petugas pembimbing jamaah haji pada sebuah travel yang ada di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

Nasihat agar berhati-hati ketika melakukan swafoto saat mengenakan umrah memang terasa mengejutkan. Sebab, pada waktu kepergian umrah sebelumnya nasihat ini belum ada.

"Apa jadinya ketika tengah mengenakan ihram Anda berfoto selfie dan tanpa sadar Anda memperlihatkan aurat yang seharusnya tak boleh terbuka. Celakanya, foto Anda mengenakan ihram itu sudah keburu diunggah ke media massa sehingga seluruh dunia bisa melihatnya. Nah, berapa besar nilai dham bila dibandingkan masa lalu, di mana aurat Anda saat itu hanya dilihat oleh beberapa orang saja?’’ ujarnya.

Kejidan ini patut diperhatikan karena memang banyak jamaah haji masa kini yang terkena sindrom "baper selfie" (ke mana-mana bawaan perasaannya ingin berfoto dan ber-selfie ria).

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement