Sabtu 19 Aug 2023 11:24 WIB

Benarkah Akun Sunnah Nabi Sudah Hilang dari Youtube?

Konten animasi tentang Rasulullah dinilai melecehkan dan menghina.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Akun Youtube @SunnahNabi1 yang berisikan video animasi yang menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW tanpa sumber kredibel telah hilang dariYoutube.
Foto: Pixabay
Akun Youtube @SunnahNabi1 yang berisikan video animasi yang menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW tanpa sumber kredibel telah hilang dariYoutube.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Muslim Indonesia kemarin diramaikan dengan konten-konten yang diunggah akun Youtube @SunnahNabi1. Akun tersebut berisikan video animasi yang menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW dan sahabat, tetapi tanpa sumber yang kredibel.

Berdasarkan pantauan Republika Sabtu (19/8/2023) pukul 10.09, ketika dicari secara manual di pencarian Youtube, konten-konten yang diunggah oleh akun tersebut masih terlihat. Namun, ketika video itu dipilih untuk ditonton, muncul tulisan 'Channel ini tidak tersedia'.

Baca Juga

Meski akun tersebut terlihat sudah tidak aktif, tetapi bagi masyarakat yang memiliki link menuju konten-konten yang diunggah ternyata konten tersebut masih bisa dilihat dan diberi komentar.

Konten animasi tentang kisah Rasulullah SAW yang disiarkan channel Youtube dengan nama Sunnah Nabi dinilai melecehkan Islam dan menghina Nabi Muhammad SAW. Konten ini memunculkan polemik karena membuat gambar atau animasi wajah Rasulullah dengan sangat jelas.

Berdasarkan pantauan Republika pada Jumat (18/8/2023), akun ini telah mendapatkan 5.91 ribu pengikut dan berisikan 29 video. Akun tersebut pertama kali dibuat pada 1 Juni 2022 dan sudah mencatatkan 1.056.482 penonton.

Dalam deskripsinya, mereka menuliskan, "Channel ini khusus menampilkan video-video animasi tentang Nabi Muhammad dan ajaran Islam yang tidak disampaikan secara jujur oleh para ulama. Mereka sengaja menyembunyikan perbuatan, tabiat, tindakan sang Nabi demi tetap menampilkan Islam sebagai agama damai bagi seluruh umat manusia."

Dalam detail lokasi, disebutkan jika akun ini berasal dari Amerika Serikat. Ada sejumlah judul yang diunggah dalam akun ini. Di antaranya Nabi Muhammad Perencana Pernikahan, Nabi Muhammad Penghancur Patung Milik Non-Muslim, Kematian Tragis Nabi Muhammad dan Keluarganya, Pembantaian Bani Quraish, serta Islam Durjana yang dibuat dalam beberapa video.

Dalam video berjudul Nabi Muhammad dan Zainab dan Zaid ❤ Cinta Segitiga Islamiah, dideskripsikan bahwa Nabi Muhammad memiliki anak angkat bernama Zaid bin Muhammad. Dia menikahkan Zaid dengan wanita terpandang di Medina, yakni Zainab binti Jahsh.

Suatu hari, sang Nabi berkunjung ke rumah Zaid, tapi Zaid sedang tidak ada di rumah. Nabi secara tidak sengaja melihat Zainab telanjang di kamarnya dan dia lalu jatuh cinta pada Zainab.

Video ini diunggah pada 12 Agustus 2022 dan telah ditonton sebanyak 29.065 kali. Dituliskan pula di bawah video bahwa referensi dari video ini ada pada tafsir Alquran surah al-Ahzab oleh Tabari vol 21 dan tafsir Quran al-Jalalayn surah al-Ahzab ayat 36.

Pada video lainnya berjudul Nabi Muhammad Perencanaan Pernikahan, akun tersebut membangun narasi Nabi Muhammad memerintahkan untuk melakukan perampokan dan pembunuhan. Akun tersebut menyebut bahwa Nabi Muhammad mengubah penduduk Madinah dari petani menjadi penjahat profesional seperti dirinya. "Dia (Nabi Muhammad) adalah seorang penjahat dengan kekuatan militer yang kuat. Apakah kalian berpikir bahwa orang ini dapat membimbing kalian masuk surga?" begitu kutipan narasi yang disampaikan akun Youtube @sunnahnabi1 di akhir video.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendorong aparat kepolisian untuk menangkap pemilik akun Youtube Sunnah Nabi yang dianggap telah melakukan penistaan terhadap Nabi Muhammad SAW.

"Saya meminta kepada pihak kepolisian terutama untuk dapat menghentikan peredaran youtube/video tersebut dan menangkap pihak yang memproduksi serta yang mengedarkannya pertama kali," ujar Wakil Ketum MUI Anwar Abbas saat dihubungi dari Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Pernyataan tersebut ia sampaikan menyikapi beredarnya tayangan film animasi yang diunggah akun Youtube Sunah Nabi, dengan judul Nabi Muhammad Perencana Pernikahan. Menurut Anwar, video ini memuat beberapa kejanggalan yang menyudutkan Nabi Muhammmad SAW, salah satunya visualisasi wajah Rasulullah yang dilarang dalam Islam.

Buya Anwar menegaskan, apabila cerita yang termuat dalam video tersebut diikuti dari awal sampai akhir, apalagi yang bersangkutan memperlihatkan sosok Nabi Muhammad, merupakan hal sangat tercela dan tabu dalam Islam.

"Kita bisa membuat kesimpulan bahwa video dan Youtube ini dibuat oleh produsennya jelas-jelas adalah untuk menghina Islam dan melecehkan nabi Muhammad SAW. yang itu semua tentu saja akan sangat-sangat menyakiti hati umat Islam," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement