Sabtu 12 Aug 2023 10:13 WIB

Survei Terbaru Ungkap Partisipasi Wanita Arab Saudi di Ruang Publik Meningkat

Arab Saudi mendoron keterlibatan wanita di sektor publik

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Wanita Arab Saudi (ilustrasi). Arab Saudi mendoron keterlibatan wanita di sektor publik
Foto:

GASTAT melaporkan bahwa lulusan perempuan terdaftar di semua disiplin ilmu di pendidikan tinggi. Bisnis, manajemen, dan hukum memiliki jumlah lulusan perempuan tertinggi, diikuti oleh seni dan humaniora.

Instruktur perempuan di Kementerian Pendidikan juga mencapai 51,8 persen dari total jumlah instruktur.

Kesehatan dan olahraga

Kesehatan wanita adalah pilar penting dan dasar dari keseluruhan kesejahteraan negara. Dalam beberapa tahun terakhir, Arab Saudi telah melihat peningkatan minat pada kesehatan fisik dan olahraga.

Partisipasi massa dalam olahraga oleh pria dan wanita naik dari 13 persen pada 2015 menjadi hampir 50 persen pada 2022, Saudi Press Agency (SPA) sebelumnya melaporkan.

Kerajaan sangat mementingkan kesehatan wanita dengan memasukkan kelas pendidikan jasmani dalam program pendidikan publik di sekolah, memberikan kesempatan kerja di beberapa bidang olahraga, termasuk bergabung dengan tim sepak bola, dan mengizinkan wanita memasuki stadion olahraga untuk menghadiri berbagai kegiatan olahraga.

Program pelatihan mengemudi sepeda motor wanita bahkan diluncurkan di Dammam untuk pertama kalinya dalam sejarah Kerajaan.

Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi juga mengumumkan awal pekan ini pendirian perusahaan kesehatan dan kesejahteraan yang berpusat pada perempuan dengan Putri Reema binti Bandar sebagai pemimpinnya.

Baca juga: Sosok Perempuan Hebat di Balik Tumbangnya Tiran dan Singgasana Firaun

The Kayanee Company akan berfokus pada kesehatan wanita dan gaya hidup generasi wanita muda masa depan melalui enam penawaran yang mencakup kebugaran, pakaian jadi, perawatan dan perawatan pribadi, nutrisi dan diagnostik, makan sehat, dan pembelajaran.

Menurut laporan GASTAT, remaja putri berusia 15 tahun ke atas melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per pekan, mencapai 38,7 persen pada 2021, persentase tertinggi dibandingkan 2019 dan 2020.

Kelompok umur wanita yang paling banyak melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sepekan adalah kelompok umur 20–24 sebesar 43,13 persen, diikuti oleh kelompok umur 25-29 sebesar 42,88 persen.

Di bawah Visi 2030, Kerajaan bertujuan untuk mempromosikan olahraga dan kebugaran untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

GASTAT

GASTAT adalah satu-satunya referensi resmi untuk data dan informasi statistik di Arab Saudi.

Otoritas melakukan semua pekerjaan statistik, serta pengawasan teknis sektor statistik, dan merancang dan melaksanakan survei lapangan, melakukan studi dan penelitian statistik, menganalisis data dan informasi, dan mendokumentasikan dan mengarsipkan semua pekerjaan yang berisi informasi dan data statistik pada semua aspek kehidupan di Arab Saudi.

Itu mengumpulkan, mengklasifikasikan dan menganalisis data, dan mengekstrak indikator darinya.

 

 

Sumber: alarabiya   

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement