Ahad 06 Aug 2023 14:59 WIB

Khofifah: Gerakan Bunda Asuh Strategis Cegah Stunting

Khofifah menjelaskan Muslimat NU berada di garda depan mencegah stunting.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
Foto: Republika/Arie Lukihardianti
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Khofifah Indar Parawansa mengajak Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU se-Kabupaten Madiun menjadi bunda asuh untuk anak-anak terindikasi stunting di wilayah masing-masing sebagai upaya gotong royong mewujudkan desa bebas stunting.

Ajakan tersebut disampaikan Khofifah saat mengukuhkan PAC Muslimat NU se-Kabupaten Madiun pada acara Pengajian Akbar Memperingati Tahun Baru Islam 1445 H dan Santunan Anak Yatim yang diselenggarakan oleh PC Muslimat NU Kabupaten Madiun di Alun-alun Reksogati Caruban, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (5/8/2023).

Baca Juga

"Kita semua menggerakkan supaya Muslimat NU di seluruh level kepengurusan untuk siap menjadi ibu asuh dari anak-anak yang terindikasi stunting," ujar Khofifah dalam keterangan tertulis pada Ahad (6/8/2023).

Sebagai ibu asuh, Khofifah meminta warga Muslimat NU yang memiliki kelebihan rezeki untuk bersedekah satu butir telur setiap hari. Telur tersebut kemudian diberikan kepada anak-anak yang terindikasi stunting sesuai dengan data di setiap desa.

"Ini akan menjadi gerakan gotong royong bersama untuk menurunkan angka stunting melalui program desa bebas stunting di Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Madiun secara lebih cepat," kata Khofifah.

Ia meyakini gerakan yang dilakukan oleh organisasi perempuan terbesar di Indonesia itu akan mampu memberikan peran yang signifikan dalam penurunan angka stunting yang akhirnya terwujud desa bebas stunting.

"Ini akan jadi bagian dari penguatan gerakan nasional dalam penurunan stunting. Di mana Pak Presiden menargetkan 2024, stunting di Indonesia bisa ditekan hingga 14 persen," katanya.

Di hadapan puluhan ribu Muslimat NU, Khofifah yang juga Gubernur Jawa Timur ini mengingatkan bahwa di dalam Alquran diperintahkan agar tidak meninggalkan generasi yang lemah, baik lemah fisik, lemah iman, maupun lemah ekonomi, terutama mereka yang akan menjadi pemimpin pada saat Indonesia emas tahun 2045.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga memberikan santunan untuk 75 anak yatim. Mereka juga mendapat bantuan paket tas sekolah. Selain anak yatim, para pedagang di sekitar Alun-Alun Reksogati juga mendapat rezeki. Khofifah secara langsung memberi bantuan paket sembako dan bendera Merah Putih kepada para pedagang kaki lima.

"Sejak awal Juli, setiap saya berkeliling selalu membawa bendera Merah Putih untuk dibagikan kepada warga. Saya berpesan kepada mereka untuk segera mengibarkan di rumahnya masing-masing," katanya.

Khofifah mengatakan, setidaknya 1,5 juta bendera Merah Putih bisa dibagikan oleh Pemprov, Forkopimda, swasta, bupati/wali kota, dan semua elemen se-Jatim kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan agar semangat masyarakat dalam menyambut Hari Kemerdekaan RI bisa terpatri kuat di dalam hati setiap warga.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement