Jumat 04 Aug 2023 19:04 WIB

Ratusan Lansia dan Santri Dapat Layanan Kesehatan Gratis LAZISNU

LAZISNU berkomitmen membantu para lansia dan santri.

Kegiatan layanan kesehatan gratis LAZISNU
Foto: LAZISNU
Kegiatan layanan kesehatan gratis LAZISNU

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- NU Care-LAZISNU PBNU bersama PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) menggelar kegiatan Layanan Kesehatan dan Pengobatan Gratis, yang dilaksanakan di dua lokasi yakni di Kota Tangerang dan Tangerang Selatan, Sabtu (22/07/2023).

Di Kota Tangerang, layanan kesehatan diikuti mayoritas oleh orang dewasa dan lansia sejumlah 161 peserta. Sementara itu, layanan kesehatan di Tangerang Selatan diikuti oleh para santri yang berjumlah 68 orang.

Baca Juga

Penanggungjawab Program Kerja Sama NU Care-LAZISNU PBNU dan Prudential Syariah, Anik Rifqoh menjelaskan bahwa kegiatan Layanan Kesehatan Gratis yang merupakan bagian dari Program Nusantara Berkah diinisiasi oleh NU Care-LAZISNU PBNU serta bagian dari rangkaian kerja sama kemanusiaan pihaknya dengan Prudential Syariah.

“Bentuk kegiatannya berupa pelayanan kesehatan dasar seperti cek kolesterol, gula darah, kemudian pemberian obat-obatan, serta pembagian makanan bernutrisi seperti susu dan biskuit. Ratusan peserta, mulai dari anak-anak santri, orang dewasa dan lansia ikut pelayanan kesehatan gratis ini, yang digelar di dua titik secara bersamaan di Kota Tangerang dan di Tangsel,” jelas Anik di tengah kegiatan yang dilaksanakan di aula Masjid At-Taubah, RT 05 RW 06 Kelurahan Cibodasari, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang.

Anik memaparkan, di Kota Tangerang pihaknya bekerja sama dengan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit (RS) An-Nisa. Sementara di Tangerang Selatan didukung oleh tim medis dari Lembaga Kesehatan (LK) NU Tangsel.

“Di Kota Tangerang, petugas kesehatannya adalah dokter dan perawat berjumlah 6 orang dari RS An-Nisa. Sedangkan di Tangsel, kami bekerja sama dengan klinik kesehatan NU Care Medical Center yang dikelola oleh LKNU Tangsel,” paparnya.

Sementara itu, Vice President-Head of Digital and Ecosystem Partnership Prudential Syariah, Harpedi Puseto menjelaskan bahwa sebagai perusahaan asuransi syariah joint venture pertama yang melakukan spin-off, Prudential Syariah terus berkomitmen untuk membantu masyarakat mencapai hidup yang lebih sehat dan sejahtera, salah satunya dengan kegiatan layanan kesehatan gratis bersama NU Care-LAZISNU PBNU[GP1] .  

“Kesehatan masyarakat merupakan hal yang sangat penting. Hal ini sejalan dengan visi dan misi kami, dalam membantu masyarakat mencapai hidup yang lebih sehat dan sejahtera. Dengan layanan kesehatan gratis, kami ingin senantiasa mendukung masyarakat menjalani hidup sehat dan terus yakin melangkah dalam meraih keberkahan dalam hidup,” ucap Harpedi Puseto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/08/2023). 

Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil berharap program kerja sama pihaknya dengan Prudential Syariah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Ia juga mengungkapkan, selain program di bidang kesehatan, kerja sama NU Care-LAZISNU PBNU dengan Prudential Syariah juga menyentuh bidang pendidikan, ekonomi dan kebencanaan.

“Program pelayanan kesehatan ini juga adalah salah satu pilar program kami di LAZISNU, yaitu NU Care Sehat. Program ini menjadi komitmen kami untuk melayani kesehatan masyarakat. Jadi kita sebagai lembaga di organisasi Islam tidak hanya fokus pada hablumminallah, beribadah dalam hal ubudiyahnya saja, tapi kita juga perlu secara aktif membangun hablumminannas, membantu sesama manusia. Misalnya pelayanan kesehatan kepada masyarakat, menolong masyarakat yang terkena bencana, dan seterusnya,” tegasnya.

Turut hadir dan menyaksikan kegiatan tersebut, Ketua PCNU Kota Tangerang KH Dedi Mahfudin. Kiai yang kerap disapa Abi Dedi ini mengatakan pelayanan kesehatan gratis berdampak positif bagi masyarakat.

“Alhamdulillah, dampaknya sangat positif sekali. Saya tanyakan kepada masyarakat ada lebih dari 100 orang. Luar biasa ini, karena dalam waktu singkat dapat menarik segini banyak orang. Animo masyarakat yang ingin mengetahui kesehatannya cukup tinggi. Ini (kegiatan) sangat bermanfaat, karena masyarakat bisa tahu kesehatannya. Tadi saya juga tanya ada yang kadar gulanya tinggi atau asam uratnya rendah segala macam, akhirnya mereka tahu dan dapat ditindaklanjuti oleh dokter dan diberikan obat gratis,” urai Abi Dedi.

Dirinya pun mengapreasiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada LAZISNU PBNU yang bekerja sama dengan Prudential Syariah, karena telah mempercayakan teknis pelaksanaan kegiatan tersebut di wilayahnya.

“Saya selaku jajaran di PCNU Tangerang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga program ini terus berjalan dan bergulir dari kecamatan satu ke kecamatan lain, dan bisa ditingkatkan lagi kualitasnya,” ucapnya.

Pihaknya berharap ke depan akan ada kerja sama dalam program sosial yang lain, karena menurutnya masih banyak aspek lain yang dapat dikembangkan.

“Dan NU itu harus dikenal sampai ke masyarakat lapisan paling bawah sebagai organisasi yang peduli kepada masyarakat dan menyasar tidak hanya warga nahdliyin, bahkan menyasar warga non muslim,” pungkasnya.

Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua PCNU Kota Tangerang H Yana Karyana, Pengurus LAZISNU Kota Tangerang H Slamet Purwanto, beserta jajaran Banom NU yang turut membantu yakni Ansor, Banser, dan Fatayat Kota Tangerang.

Kerja sama NU Care-LAZISNU PBNU dengan Prudential Syariah dimulai sejak Desember 2022, dengan beragam program bantuan di antaranya pembangunan Sarpras bagi korban gempa bumi di Cianjur berupa pembangunan masjid sementara, MCK komunal sementara, dan sumur bor. Selain berfokus pada kegiatan sosial, NU Care-LAZISNU bersama Prudential Syariah telah menggelah serangkaian kegiatan literasi keuangan syariah untuk perempuan pelaku UMKM di Jabodetabek, kemudian bantuan Beasiswa Santri di Sidoarjo, serta program bantuan pengadaan perahu karet banjir untuk 3 provinsi di pulau Jawa.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement