Rabu 02 Aug 2023 17:59 WIB

Tadinya Mau Meniru Alquran, Eh, Ternyata Malah Masuk Islam

Alquran jangan hanya dibaca, tapi harus diamalkan dalam keseharian.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Siswa sekolah Islam Pakistan membaca Alquran di jalan saat demonstrasi menentang Swedia di Karachi, Pakistan, (6/7/2023).
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Siswa sekolah Islam Pakistan membaca Alquran di jalan saat demonstrasi menentang Swedia di Karachi, Pakistan, (6/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah ﷻ telah banyak menggagalkan rencana buruk dari orang-orang yang tak beriman pada Islam. Bahkan, banyak di antara mereka yang hatinya pun tergugah dengan kandungan Alquran. 

Adalah Al Harits bin Kaldah, filsuf yang jenius, tapi dia pernah belum beriman kepada Allah Subhanallahu wa Ta’ala.

Baca Juga

Seperti dikutip dari Jangan Takut Hadapi Hidup karya Dr Aidh Abdullah Al-Qarny, suatu ketika dia mencoba membuat tulisan seperti Alquran. Meskipun dia telah banyak menerima nasehat dari para ilmuwan agar menghentikan rencananya, dia tetap berkeras untuk melanjutkan rencananya. 

Pada saat dia mulai menorehkan tintanya di atas kertas, kedua matanya melihat tulisan surah Al Maidah.  

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَوْفُوْا بِالْعُقُوْدِۗ اُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيْمَةُ الْاَنْعَامِ اِلَّا مَا يُتْلٰى عَلَيْكُمْ غَيْرَ مُحِلِّى الصَّيْدِ وَاَنْتُمْ حُرُمٌۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ مَا يُرِيْدُ 

"Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu. Dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (Yang demikian itu) dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya" (QS Al Maidah ayat 1). 

Setelah melihat ayat tersebut tubuhnya pun bergetar hebat, dia berkata, "Sesungguhnya ayat ini mengandung ajakan, perintah, pujian, dan sifat yang terangkum dalam satu ayat."  

Dia pun terhenti dan termenung, lalu dibukanya kembali lembaran Alquran sampai pada potongan ayat surat Fusilat sebagaimana berikut ini:  

وَلَعَذَابُ الْآخِرَةِ أَخْزَىٰ ۖ وَهُمْ لَا يُنْصَرُونَ 

"... Dan sesungguhnya siksaan akhirat lebih menghinakan dan mereka tidak diberi pertolongan" (QS Fusilat ayat 16).

Di samping itu, Abul Ala Al Ma'ry juga terbilang orang yang pandai, tapi dia juga belum beriman kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Dia mengingkari kemukjizatan Alquran dan menentangnya.  

Pada saat dia meninggal dunia, makamnya dibongkar kembali untuk suatu kepentingan setelah beberapa hari tubuhnya berada dalam gundukan tanah. 

Di saat tanah yang menutupinya terangkat ke atas, tubuhnya pun terlihat dan di depan mulutnya terdapat ular yang menggigitnya sebagai balasan atas dosa-dosa yang telah dia lakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement