Selasa 01 Aug 2023 18:24 WIB

Pameran Ilustrasi Tanaman dalam Alquran Kini Hadir di London

Proyek ini menghadirkan 30 lukisan indah flora botani dan bunga Alquran.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Sebagai umat muslim tentu wajib membela Alquran. (ilustrasi)
Foto: EPA/ SHAHZAIB AKBER
Sebagai umat muslim tentu wajib membela Alquran. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sue Wickinson merupakan seorang ilustrator botani yang sejak kecil menjadikan tanaman sebagai sumber inspirasinya. Ia mampu merekam dengan akurat variasi warna, tekstur, serta nuansa kecil dari perubahan bentuk.

Selama perjalanan penjelajahannya ke Timur Tengah, dia terkagum-kagum dengan deskripsi bunga dan tumbuhan yang terdapat dalam Alquran. Ia pun mulai bekerja sama dengan seorang ilmuwan dan penulis buku Plants of the Quran: History & Culture, Shahina Ghazanfar.

Baca Juga

Dilansir di About Islam, Selasa (1/8/2023), dari proyek bersama ini hadir kumpulan 30 lukisan indah yang menggambarkan flora botani dan bunga Alquran. Karya seni tersebut kini dipamerkan di Kew Royal Botanic Garden, London hingga pertengahan September.

Untuk diketahui, dari sekian perumpamaan dan ajaran yang ada dalam Alquran, keindahan alam kerap disebutkan di seluruh kitab suci umat Islam, khususnya tanaman hijau, tumbuh-tumbuhan dan bunga.

Pameran "Plants of the Quran" karya Wickinson menampilkan berbagai macam flora, mulai dari bawang putih, delima, hingga anggur dan henna. Di dalamnya juga ditampilkan informasi tentang signifikansinya dalam teks agama.

Saat meneliti bukunya, Shahina juga menjelajahi teks Mesopotamia kuno dan bahasa semit bahasa Aram dan Ibrani. Hal ini ia lakukan untuk melacak tanaman yang tidak memiliki nama Arab modern.

Setiap tanaman memiliki keterikatan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement