Selasa 25 Jul 2023 06:24 WIB

Wali Kota Bekasi Apresiasi Republika Meriahkan Tahun Baru Islam

Festival hijrah momentum menebar kearifan dan menggapai berkah.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Erdy Nasrul
Penonton menyimak tausiyah dari Habib Husein Jafar Al Hadar dalam gelaran Festival Hijriah di Gedung Bekasi Convention Center (BCC), Bekasi, Jawa Barat, Senin (24/7/2023). Dalam tausiyahnya Habib menyampaikan pesan dakwah dengan tema muhasabah pada momen tahun baru hijriah. Gelaran Festival Hijriah  tersebut dalam rangka menyambut 1 Muharram 1445 Hijriah yang berlangsung hingga 10 Agustus mendatang di sembilan kota. Selain itu, gelaran Festival Hijriah juga menghadirkan beragam kegiatan yakni seperti bazar UMKM dan penampilan seni budaya Xinjiang dari komunitas lokal.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Penonton menyimak tausiyah dari Habib Husein Jafar Al Hadar dalam gelaran Festival Hijriah di Gedung Bekasi Convention Center (BCC), Bekasi, Jawa Barat, Senin (24/7/2023). Dalam tausiyahnya Habib menyampaikan pesan dakwah dengan tema muhasabah pada momen tahun baru hijriah. Gelaran Festival Hijriah tersebut dalam rangka menyambut 1 Muharram 1445 Hijriah yang berlangsung hingga 10 Agustus mendatang di sembilan kota. Selain itu, gelaran Festival Hijriah juga menghadirkan beragam kegiatan yakni seperti bazar UMKM dan penampilan seni budaya Xinjiang dari komunitas lokal.

REPUBLIKA.CO.ID,  BEKASI--Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto Tjahyono mengapresiasi upaya Republika memeriahkan Tahun Baru Islam dengan menggelar Festival Hijriah. Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan pentas seni dan budaya dari Muslim Xinjiang.

"Pentas seni merupakan ide terbaik menampilkan kearifan Islam dan menyampaikan narasi keislaman terkait makna dan filosofi hijrah," kata Tri Adhianto Tjahyono saat membuka Republika Festival Hijriah, di di Hall Bekasi Convention Center Mega City Mall, Senin (25/7/2023) malam.

Baca Juga

Menjadi kehormatan baginya dapat membuka kegiatan keagamaan yang di dalamnya melibatkan saudara Muslim dari lintas negara. Menurutnya acara ini bisa menjadi momentum untuk mempererat persaudaraan antarsesama Muslim lokal dan internasional sehingga tercipta keberkahan.

"Kegiatan ini menjadi momentum bersama menciptakan Islam yang penuh dengan kedamaian dan kebahagiaan. Festival Hijriah ini merupakan festival yang penuh dengan keberkahan," pungkasnya.

Tri Adhianto berharap kegiatan ini selalu diingat dalam diri dan keluarga kita masing-masing yang bertujuan memajukan Negara Indonesia dengan penuh kedamaian. Festival Hijriah yang digelar Republika ini dapat menciptakan Kebhinekaan kesatuan dan persatuan dalam mendorong Indonesia semakin maju dan berkembang.

"Sebagai umat muslim ini kita adalah saudara sesama umat di dunia, menjunjung tinggi nilai toleransi dengan hidup bergotong royong dan saling rukun dalam berumah tangga," katanya.

Sebelum membuka acara Festival Hijriah Tri Adhianto meminta 10 orang yang berpuasa naik ke atas panggung. Tri Adhianto memberiakan uang kepada mereka sebagai bentuk apresiasi kepada yang berpuasa. 

Dalam pembukaan acara Festival Hijriah Republika, Tri didampingi Asisten II Kota Bekasi Inayatullah, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Bambang Santoso, Kepala Bagian Humas Setda Kota Bekasi Amsiyah. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement