Ahad 13 Aug 2023 04:09 WIB

Mualaf Harus Tahu, Ini 5 Ayat Alquran Bantu Ringankan Semua Kesulitan

Khusus bagi seorang mualaf, hidup bisa menjadi sangat sulit, terutama di awal.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Foto udara Situs Masjid Kuno Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Mualaf Harus Tahu, Ini 5 Ayat Alquran Bantu Ringankan Semua Kesulitan
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Foto udara Situs Masjid Kuno Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Mualaf Harus Tahu, Ini 5 Ayat Alquran Bantu Ringankan Semua Kesulitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah menjadi bagian dari hidup adalah bahwa ada hari-hari baik dan ada hari-hari buruk. Sama seperti ada terang dan gelap, begitu pula hidup kita memiliki terang dan gelap.

Khusus bagi seorang mualaf, hidup bisa menjadi sangat sulit, terutama di awal. Karena menemukan ajaran yang masih sangat asing dan orang-orang yang tidak begitu dikenal. Bahkan keluarga, teman atau orang dekat lain sedang meninggalkan diri Anda dalam fase ini yang membuat hidup terasa sangat sulit dan gelap.

Baca Juga

Namun, menjadi tradisi Nabi dan tradisi umat Islam awal untuk kembali ke Alquran di setiap saat, pada kondisi baik atau buruk. Maka, ada lima ayat dari Alquran yang bisa menenangkan atau membantu Anda untuk melewati hari-hari tergelap. Ayat-ayat itu adalah sebagai berikut.

Lima Ayat Alquran Bantu Ringankan Kesulitan

1. Allah Mendengar Hamba-Nya

 

Allah SWT berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS. Al Baqarah: 186).

Ayat ini seakan Dia menunggu kita untuk bertanya, “Di manakah Allah? Dapatkah saya berbicara dengan-Nya?”, dan kemudian Dia menambahkan jawabannya sendiri bahwa Dia memang dekat. Dia mungkin berada di atas tujuh langit, tapi Dia masih Dekat.

Dia mengetahui apa yang tidak diketahui orang lain. Dia melihat air mata yang tidak dilihat orang lain. Dia mendengar bisikan yang bahkan mungkin tidak Anda dengar. Dia adalah Tuhan Yang Maha Mengetahui Yang Maha Kuasa dari semua yang ada. Namun, Dia ada di sana, menunggu panggilan Anda.

Di antara bertriliun-triliun ciptaan-Nya yang ada, Allah bersedia mendengarkanmu. Dia akan merespons juga! Berpalinglah kepada-Nya. Bukalah ayat ini ketika setan membuat Anda berpikir bahwa Allah itu jauh. Dan ingatlah bahwa pintu-Nya terbuka.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement