Selasa 18 Jul 2023 18:40 WIB

Anwar Abbas: Tahun Baru Umat Islam dan Tugas Utama Membentuk Islalm Rahmatan Lil 'Alamin

Tahun baru Islam dan tantangan membuat Islam yang sejuk

Umat Islam mengikuti doa awal tahun baru 1445 H.
Foto: ANTARA/Prasetia Fauzani
Umat Islam mengikuti doa awal tahun baru 1445 H.

Oleh: Anwar Abbas, Wakil Ketua Umum MUI.

Dengan terjadinya pergantian tahun hijriyah dari 1444 ke 1445 H kita mengharapkan agar peristiwa ini benar-benar bisa menyadarkan kita umat Islam. Terutama akan arti pentingnya umat Islam melakukan evaluasi diri agar tahu kekuatan dan kelemahan serta peluang dan tantangan yang dihadapi.

Hal ini penting  dilakukan agar kaum Muslim Islam dapat mengetahui apa- apa saja yang  harus kita lakukan kedepan agar bisa   menghadirkan islam yang rahmatan lil alamin. Untuk itu pembenahan ke dalam dan keluar tentu saja  harus dilakukan.

Kita sadar bahwa untuk melakukan hal  tersebut tentu  tidak mudah  karena secara internal juga tidak bisa diingkari bahwa  umat Islam sendiri masih banyak punya  kelemahan-kelemahan  seperti dalam bidang SDM,  iptek, ekonomi dan politik.

Tapi hal itu semua  tentu akan bisa  diatasi  jika  persatuan dan kesatuan di antara   bisa dibangun dan kembangkan dengan baik. Dan itu tidak hanya dalam skala lokal,  dan nasional tapi juga dalam skala global. Sehingga dengan demikian  diharapkan  umat islam akan dapat dan mampu mendorong bagi terciptanya  kekuatan umat Islam yang sesungguhnya di dalam setiap level dan tingkatannya.

Dan jika hal itu bisa kita wujudkan  maka diharapkan kita akan dapat menampilkan  Islam yang rahmatan lil alamin  di mana  kita sebagai umat islam akan  dapat menebar rasa  kebersamaan,  kedamaian dan kasih sayang di antara sesama tanpa melihat ras, suku , bangsa, negara dan agama. Selain itu diharapkan dapat menciptakan dunia yang sejuk dan berkeadilan serta terciptanya lingkungan hidup dan lingkungan alam yang baik sesuai dengan yang kita semua harapkan.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement