Kamis 13 Jul 2023 19:32 WIB

Sinergi Foundation Tanam 3.000 Pohon Mangrove di Pesisir Pantai Banyuwangi

Pemilihan lokasi tanam merujuk pada fakta penyusutan garis pantai.

Sinergi Foundation tanam 3.000 pohon mangrove di Teluk Pangpang, Pantai Kili-kili, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (12/7/2023).
Foto: Sinergi Foundation
Sinergi Foundation tanam 3.000 pohon mangrove di Teluk Pangpang, Pantai Kili-kili, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (12/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUWANGI -- Sinergi Foundation tanam 3.000 pohon mangrove di Teluk Pangpang, Pantai Kili-kili, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (12/7/2023). Aksi penanaman ini adalah kelanjutan dari program Green Kurban Sinergi Foundation yang berlangsung pada akhir bulan Juni lalu.

Green Kurban sendiri adalah inovasi program berkurban sekaligus menanam pohon. Program ini muncul sebagai bentuk kepedulian Sinergi Foundation terhadap lungkungan.

Baca Juga

Pemilihan lokasi tanam merujuk pada fakta penyusutan garis pantai dapat mengakibatkan gangguan ekosistem laut. Gangguan keseimbangan ekosistem juga turut menghambat kebutuhan manusia terhadap hasil pangan dari laut.

Dalam mengantisipasi hal tersebut, Sinergi Foundation besama tim Green Kurban menghadirkan kembali penanaman pohon berupa bibit mangrove sebagai ikhtiar mengembalikan ekosistem dan kelestarian biota laut.

photo
Sinergi Foundation tanam 3.000 pohon mangrove di Teluk Pangpang, Pantai Kili-kili, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (12/7/2023). - (Sinergi Foundation)

 

Penanggungjawab program penghijauan Green Kurban Sinergi Foundation, Yuyu Wahyudin, menuturkan mangrove yang di tanam di kawasan Teluk Pangpang dapat memulihkan ekosistem dan menahan potensi abrasi pantai.

“Ada 3.000 bibit yang ditanam hari ini. Penanaman diikuti oleh 20 orang yang terdiri dari nelayan dan Pokmaswas Baret (Kelompok Masyarakat Pengawas Bangun Reboisasi Tegalpare) Teluk Pangpang. Mangrove jadi habitat kepiting bakau dan ikan-ikan,” kata Yuyu, Rabu (12/7) dalam kanal siaran langsung media Instagram Sinergi Foundation.

Pantai Kili-kili, Teluk Pangpang, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur adalah lokasi paling ujung dari Kabupaten Banyuwangi. Dengan kondisi geografis perairan, masyarakat di wilayah ini mayoritas berprofesi sebagai nelayan. Selain itu, wilayah ini juga merupakan wilayah binaan program Fishbank Sinergi Foundation.

Adanya penanaman pohon mangrove disambut warga dengan antusias. “Kita juga melakukan pembinaan dan pendampingan nelayan menggunakan metode Integrated Farming, dengan cara memadukan antara konservasi Mangrove dan budidaya kepiting bakau. Harapannya kegiatan ini dapat mendukung peningkatan perekonomian nelayan sekitar,” ujar Yuyu.

Sinergi Foundation (SF) sendiri merupakan lembaga filantropi yang mengelola dana Wakaf, Zakat, Infak-Sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program inovasi sosial pemberdayaan. Dalam penyaluran dana ziswaf yang terhimpun, Sinergi Foundation memiliki beberapa program di bidang pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan sosial.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement