Selasa 11 Jul 2023 16:30 WIB

Mau Liburan? Jangan Lupa Siapkan Juga Ponsel Anda, Ikuti 10 Langkah Ini

Anda perlu mempersiapkan ponsel agar sesuai kebutuhan selama liburan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Persiapan matang bisa menjamin masa liburan lebih menyenangkan/ilustrasi
Foto: Lazada
Persiapan matang bisa menjamin masa liburan lebih menyenangkan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sebagian orang menjadikan ponsel sebagai salah satu ‘teman setia’ kala berlibur. Selain diperlukan untuk mendokumentasikan perjalanan dan pengalaman selama liburan, ponsel juga biasa diandalkan dalam mengarahkan rute hingga menyelesaikan berbagai transaksi.

Namun demikian, notifikasi dari ponsel juga bisa mengganggu seseorang kala liburan. Karena itulah, penting bagi Anda untuk mempersiapkan ponsel sesuai kebutuhan agar agenda liburan bisa berjalan menyenangkan dan tenang. Dilansir dari Gizchina, Senin (10/7/2023), berikut beberapa langkah yang bisa dicoba untuk mempersiapkan ponsel jelang liburan.

Baca Juga

1. Perbarui aplikasi

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memperbarui aplikasi untuk memastikan bahwa Anda memiliki patch keamanan dan perbaikan bug terbaru. Anda bisa memperbarui aplikasi secara manual atau bisa mengatur ponsel agar secara otomatis memperbarui aplikasi.

 

2. Mengunduh musik

Jika Anda akan bepergian ke daerah dengan akses internet yang terbatas atau tanpa akses internet, Anda sebaiknya mengunduh musik, film, dan game. Semua itu bisa menjadi alternatif untuk menghibur diri saat tidak bisa terhubung ke internet.

 

3. Bersihkan penyimpanan

Hapus foto, video, atau aplikasi yang tidak perlu untuk mengosongkan ruang di ponsel. Hal ini akan membantu meningkatkan kinerja ponsel dan masa pakai baterai.

 

4. Unduh map atau peta offline

Jika akan bepergian ke luar kota atau negeri, sebaiknya mengunduh peta offline agar Anda dapat menemukan jalan tanpa bergantung pada koneksi internet. Anda dapat mengunduh peta offline dari Google Maps, Apple Maps, atau Waze.

 

5. Mengatur VPN

VPN dapat membantu melindungi privasi dan keamanan ketika Anda menggunakan Wifi publik. VPN mengenkripsi lalu lintas internet sehingga tidak dapat dicegat oleh hacker. Anda dapat menyiapkan VPN di ponsel menggunakan layanan seperti NordVPN atau ExpressVPN

 

6. Kontrol biaya roaming

Jika Anda bepergian ke luar negeri, pastikan untuk memeriksa paket telepon untuk melihat apakah ada biaya roaming. Biaya roaming bisa jadi mahal, jadi pastikan Anda mengetahui berapa biayanya sebelum berangkat.

 

7. Aktifkan mode pesawat saat terbang

Ketika Anda berada di pesawat, Anda harus mengaktifkan mode pesawat di ponsel. Hal ini akan membantu mencegah ponsel memancarkan gelombang radio yang dapat mengganggu sistem navigasi pesawat.

 

8. Menyiapkan uang elektronik

Jika ponsel dilengkapi fitur NFC, Anda dapat menggunakannya untuk membayar berbagai transaksi di toko. Ini adalah cara yang nyaman dan tanpa kontak untuk membayar.

 

9. Simpan kartu identitas di ponsel

Pemilik iPhone atau Android dapat mengunduh aplikasi My DGT untuk menyimpan SIM di ponsel. Ini adalah cara yang mudah untuk membawa kartu identitas tanpa harus khawatir kehilangannya.

 

10. Siapkan folder dokumen penting

Buatlah folder di ponsel yang berisi semua dokumentasi penting yang diperlukan untuk perjalanan seperti paspor, tiket pesawat, dan reservasi hotel. Ini akan memudahkan Anda menemukan semua yang dibutuhkan saat bepergian

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement