Selasa 11 Jul 2023 15:45 WIB

Khitan Mampu Cegah HIV? Ini Penjelasannya

Klinik Alyssa Medika melaksanakan penyuluhan kesehatan dan khitanan massal.

Khitanan massal
Foto: dok web
Khitanan massal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dengan cara peningkatan gaya hidup sehat melalui beberapa tips sederhana.

Pegiat medis, dr Stefani menjelaskan beberapa cara menjaga kesehatan: Beristirahat yang cukup, mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang, melakukan pengecekan kondisi kesehatan secara berkala dan mengendalikan stress.

Baca Juga

Selain Penyuluhan Kesehatan, Klinik Alyssa Medika juga menyelenggarakan Khitanan Massal untuk masyarakat sekitar Kelurahan Sudimara Jaya. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, tanggal 8 Juli 2023.

Khitan terbukti efektif menekan risiko penularan Human Immunodeficiency Virus (HIV) pada laki-laki. Bukti tersebut dilaporkan dalam hasil penelitian di Uganda, Kenya, dan Afrika Selatan yang dipresentasikan pada Konverensi AIDS Internasional di Meksiko pada 3 hingga 8 Agustus 2008 bahkan efek perlindungannya, menurut hasil penelitian itu mencapai 58 persen.

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa sunat tidak terbukti dapat meningkatkan perilaku seksual berisiko, ujar Prof Zubairi Djoerban dari Pusat Layanan Terpadu HIV-AIDS Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. 

Acara ini ini dihadiri oleh Bapak Lurah Sudimara Jaya, tokoh masyarakat dan lebih dari 150 orang anggota masyarakat dari berbagai kalangan, adapun peserta Khitanan Massal adalah sebanyak 30 orang, dengan rentang usia mulai dari 3 hingga 18 tahun.

Dalam kegiatan ini Bapak Lurah Sudimara Jaya, bapak Firmansyah, SE juga menyampaikan apresiasi akan keberadaan Klinik Alyssa Medika di lingkungan kelurahan Sudimara Jaya yang turut membantu program pemerintah khususnya di bidang Kesehatan masyarakat. 

“Kegiatan ini sangat berarti untuk Klinik Alyssa Medika dalam menjaga hubungan yang baik dengan masyarakat dan merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial Klinik terhadap lingkungan sekitar, khususnya untuk masyarakat yang kurang mampu dalam melaksanakan khitan untuk putra mereka”, kata Pimpinan Klinik Alyssa Medika, Catur Erty Suksesty, dalam sambutannya.

Hal ini selaras dengan yang disampaikan oleh Komisaris CV Alyssa Prima Mandiri H. Endy Rustandy.

Christian Kuswibowo, M.Sc., yang bertindak sebagai ketua Pelaksana kegiatan sosial ini mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan Penyuluhan Massal dan Khitanan Massal  ini adalah untuk menginformasikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga Kesehatan, membantu masyarakat yang kurang mampu dalam melaksanakan khitan, mengurangi  segala macam penyakit serta mencegah timbulnya penyakit HIV di kalangan masyarakat.

Pada kesempatan ini, panitia juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Hermina Ciledug dalam menyelenggarakan pemeriksaan kesehatan secara gratis untuk seluruh masyarakat.

Dalam Ulang Tahun keenamnya kali ini, Klinik Alyssa Medika mengusung tema, Membangun Generasi Sehat untuk Indonesia yang lebih Kuat. Klinik Alyssa Medika berdiri pada tahun 2017, dan sejak 2022 telah melengkapi fasilitasnya dengan rawat inap yang sebelumnya hanya menerima pasien untuk rawat jalan.

Klinik Alyssa Medika juga telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dengan kode faskes 0223B158, Klinik Alyssa Medika memiliki komitmen yang tinggi dalam memberikan layanan Kesehatan paripurna kepada masyarakat Indonesia khususnya di Kota Tangerang.

Klinik Pratama Rawat Inap Alyssa Medika berlokasi di Jl. Tanah Seratus RT. 003/RW. 012 Sudimara Jaya, Ciledug, Kota Tangerang merupakan Klinik Pratama dengan beragam fasilitas dan layanan yang sangat lengkap dari pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, persalinan 24 jam, hingga pemeriksaan laboratorium yang semuanya ditangani oleh tenaga ahli professional di bidangnya.

Klinik Alyssa Medika hadir di tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan kesehatan dengan sepenuh jiwa yang menggunakan konsep pelayanan holistik, yaitu melalui pendekatan Bio-Psiko-sosial. Melayani pasien secara optimal sehingga memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi pasien setiap kali melakukan pemeriksaan kesehatan.

Klinik Alyssa Medika memiliki Visi untuk menjadikan Klinik Alyssa Medika sebagai Klinik Paripurna pada tahun 2025 dan Misi Memberikan pelayanan kesehatan dasar oleh Dokter Umum, Bidan dan Dokter Gigi yang berkualitas dan bertanggungjawab sesuai standar Klinik Paripurna, Melengkapi berbagai fasilitas Klinik sesuai standar Klinik Paripurna dan Menyesuaikan pengalaman terbaik kepada pasien sesuai standar Klinik Paripurna.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement