Selasa 11 Jul 2023 08:55 WIB

Rencana Kumpul Aktivis LGBT se-ASEAN, Hartoyo: Saya Nggak Tahu

Kabar ini muncul dari akun Instagram ASEAN Sogie Caucus.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
LGBTQ. Rencana Kumpul Aktivis LGBT se-ASEAN, Hartoyo: Saya Nggak Tahu
Foto: Tim infografis Republika
LGBTQ. Rencana Kumpul Aktivis LGBT se-ASEAN, Hartoyo: Saya Nggak Tahu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktivis lesbian, gay, biseks, dan transgender (LGBT) se-Asia Tenggara rencananya akan berkumpul di Jakarta pada 17-21 Juli 2023. Kabar ini muncul dari akun Instagram ASEAN Sogie Caucus dan bertebaran di media sosial lainnya.

Rencana kumpul aktivis LGBT se-ASEAN dalam ajang ASEAN Queers Advocacy Week di Jakarta pada 17-21 Juli ini nyatanya belum diketahui salah satu aktivis LGBT Indonesia dari Ourvoice, Hartoyo.

Baca Juga

"Waduh, saya malah nggak ngerti soal itu," kata Hartoyo dalam pesan teks kepada Republika.co.id, Senin (10/7/2023).

Pihaknya pun baru mengetahui informasi tersebut dari aplikasi Tiktok sehari sebelumnya. Hartoyo menekankan ia sama sekali tidak tahu mengenai agenda tersebut, pun ia juga tidak bisa memastikan apakah agenda tersebut benar atau sekadar hoaks.

"Apakah hoax atau tidak saya tidak tahu. Karena (saya) benar-benar nggak tahu-menahu," kata dia.

Hartoyo mengatakan akhir-akhir ini dirinya tengah disibukkan dengan sejumlah aktivitas. Seperti melakukan perniagaan ataupun aktivitas sosial, seperti membantu waria lansia yang tidak memiliki pekerjaan atau rumah.

Dia juga tengah disibukkan mengurusi jaminan sosial dan KTP bagi waria lansia agar dapat hidup dalam masa tua yang terhormat dan layak sebagai manusia.

"Jadi sibuk urus jaminan sosial mereka (waria lansia) dan KTP. Biar mereka hidup dalam masa tua terhormat sebagai manusia. Dosa katanya kalau membiarkan orang miskin hidup tak terhormat," ujar dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement