Senin 10 Jul 2023 17:17 WIB

12 Sekolah Tempat Belajar Pemimpin Arab, Ada yang Putus Sekolah Hingga Tempuh Kedokteran

Para pemimpin Arab mengaktualisasikan dirinya di sana.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud sedang mengambil bagian dalam sholat Idul Fitri di Neom, Arab Saudi, 13 Mei 2021.
Foto:

5. Hamad bin Isa Al Khalifa - Bahrain

Raja Bahrain, Sheikh Hamad bin Isa Al Khalifa, lulus dari Command and Chiefs of Staff College di Kansas di Amerika Serikat pada tahun 1972, dan pada tahun yang sama ia memperoleh diploma nasional dalam administrasi militer.Ia juga mempelajari penerbangan dan lulus tahun 1979.

Adapun sebelum masuk universitas, raja Bahrain yang lahir tahun 1950 itu menempuh pendidikan di kota Inggris Cambridge, di mana ia belajar sekolah menengah sampai tahun 1967, diikuti dengan belajar kursus militer di "Mons" Perguruan Tinggi Militer untuk perwira, di kota Dershot, Hampshire, di Inggris, setelah menyelesaikan sekolah dasar di Bahrain pada tahun 1964.

6. Nawaf Al-Ahmad Al-Sabah - Kuwait

Emir Kuwait Nawaf Al-Ahmad Al-Sabah yang lahir pada tahun 1937 belajar di berbagai sekolah di Kuwait. Ia belajar di sekolah "Hamada", "Sharq" dan "Al-Naqra". Dia juga menempuh pendidikan di sekolah Mubarakiya, yang merupakan sekolah pertama dalam sejarah Kuwait.

Sejumlah syekh dari keluarga penguasa yang kemudian memegang tampuk pemerintahan di negara itu belajar di Mubarakiya. Mantan Emir Kuwait, Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah mengenyam pendidikan di Sekolah Mubarakiya di Kuwait.

7. Haitsam bin Tariq - Oman

Sultan Haitham bin Tariq yang lahir tahun 1955 mengenyam pendidikan dasar di Sekolah Saidia di Muscat. Kemudian ia bergabung dengan salah satu sekolah Lebanon yaitu "Barmana High School", untuk mengenyam pendidikan pada tahap persiapan.

Dia pergi pada tahun 1972 menuju Inggris Raya untuk melanjutkan sekolah menengahnya, dan kemudian universitas, di mana dia bergabung dengan Universitas Oxford di Pembroke College di Oxford.

8. Abdullah II bin Al-Hussein - Yordania

Raja Yordania, Raja Abdullah II bin Al-Hussein yang lahir di tahun 1962), menempuh pendidikan dasar di Amman pada tahun 1966, dan menyelesaikan studinya di "Sekolah St. Edmund" di Surrey County, lalu Akademi "Deerfield" di Amerika Serikat, dan di Universitas Georgetown di Washington DC.

Pada 1980, dia bergabung dengan Royal Military Academy "Sandhurst" di Inggris. Dia lulus dengan pangkat letnan dua pada tahun 1981, dan setelah itu dia diangkat menjadi komandan kompi pengintaian di pasukan Royal Hussar Inggris.

Dia juga bergabung dengan Universitas Oxford selama setahun, di mana dia menyelesaikan kursus tentang urusan Timur Tengah. Dia juga bergabung dengan Angkatan Bersenjata Yordania, dengan pangkat letnan 1. Dia menjabat sebagai komandan peleton dan asisten komandan kompi di Brigade Lapis Baja ke-40.

9. Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi

Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi yang lahir di tahun 1954) belajar di Akademi Militer di Mesir dan lulus tahun 1977. Kemudian bertugas di infanteri. Ia juga memperoleh gelar master dalam ilmu militer dari College of Command and Staf pada tahun 1987.

Dia juga belajar untuk gelar master di bawah kepemimpinan Staf Inggris pada tahun 1992, dan memperoleh beasiswa di Perguruan Tinggi Perang Tinggi di Akademi Militer Nasser pada tahun 2003. Ia juga belajar di Perguruan Tinggi Perang Angkatan Darat AS di Amerika Serikat pada tahun 2006.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement