Rabu 05 Jul 2023 13:07 WIB

Gadis Diwisuda Teteskan Air Mata di Kuburan Ayah

Gadis diwisuda teteskan air mata itu merindukan kasih sayang ayah korban Srebrenica.

Rep: Idealisa Masyrafina, Rizky Suryarandika/ Red: Erdy Nasrul
 Seorang wanita Muslim Bosnia menziarahi makam selama upacara pemakaman untuk lima puluh korban Muslim Bosnia yang baru diidentifikasi, di Pusat Peringatan dan Pemakaman Potocari di Srebrenica, Bosnia dan Herzegovina, 11 Juli 2022. Pemakaman itu adalah bagian dari upacara peringatan untuk menandai ulang tahun ke-27 genosida Srebrenica, yang dianggap sebagai kekejaman terburuk dalam perang Bosnia 1992-95. Lebih dari 8.000 pria dan anak laki-laki Muslim dieksekusi dalam pembunuhan massal tahun 1995 setelah pasukan Serbia Bosnia menyerbu kota.
Foto:

Sembilan lagi korban pembantaian Bosniaks pada Juli 1995 oleh pasukan Serbia Bosnia akan dimakamkan pada hari Sabtu (11/7) di Srebrenica Memorial Center dalam acara peringatan 25 tahun pembantaian.

Peringatan, yang pada awalnya diharapkan akan dihadiri puluhan ribu pelayat, telah diperkecil di tengah peningkatan tajam dalam infeksi virus corona di Bosnia dan Herzegovina.

Panitia telah mengimbau kepada orang-orang untuk menonton peringatan secara langsung di BH Television daripada menghadiri secara langsung, dilansir di Balkan Insight, Sabtu (11/7).

Salko Ibisevic, korban termuda yang akan dimakamkan, berusia 23 tahun ketika ia dibunuh pasukan Serbia Bosnia di tengah serangkaian pembantaian pada Juli 1995.

Ayahnya, Ahmo Ibisevic mengatakan bahwa kerangka jenazah putranya ditemukan pada 2011, tetapi ia ingin menunggu untuk menguburkannya sampai seluruh jenazahnya ditemukan. 

Tetapi ia mengatakan bahwa karena ia semakin tua, dia tidak bisa menunggu lebih lama lagi. "Saya langsung berkata, 'Saya ingin menguburnya tahun ini, saya tidak akan menunggu karena saya tidak tahu berapa lama saya akan hidup, baik saya maupun istri saya tidak ingin meninggalkan orang lain untuk memikirkan apa yang harus dilakukan tentang anak-anak kami," jelasnya.  

 

Peristwia srebrenica ini akan selalu diramaikan setiap tahun. Tujuannya adalah untuk mengenang dan menjadi pengingat bersama untuk selalu menjaga persatuan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement