Kamis 29 Jun 2023 17:09 WIB

Balai Ternak Binaan Baznas di Purwakarta Sembelih 44 Domba dan Enam Sapi

Daging kurban tidak didistribusikan melalui kupon, tapi diantar langsung ke warga.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Gita Amanda
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Kampung Baros, Desa Cibuntu, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Kamis (29/6/2023).
Foto: Republika/Umar
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Kampung Baros, Desa Cibuntu, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Kamis (29/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI melaksanakan penyembelihan hewan kurban di Kampung Baros, Desa Cibuntu, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Kamis (29/6/2023). Penyembelihan tersebut merupakan salah satu dari berbagai penyembelihan yang dilakukan Baznas di seluruh wilayah Indonesia pada Hari Idul Adha 1444 Hijriyah.

Wakil Ketua Baznas RI, Mokhamad Mahdum menyampaikan, penyembelihan dilaksanakan di balai ternak binaan Baznas yaitu Balai Ternak Domba Bumi Baros Berkah di Purwakarta Jawa Barat. Sebanyak 44 ekor domba dan 6 sapi disembelih mulai dari hari Kamis ini hingga Ahad (2/7/2023).

Baca Juga

"Kami punya 10 mustahik di sini untuk menternakkan domba, dan hari ini kita sembelih 44 ekor domba. Dan besok kami akan sembelih lagi enam ekor sapi," tutur dia saat menghadiri agenda penyembelihan di lokasi.

Mahdum menuturkan, seluruh daging kurban tersebut akan dibagikan kepada warga yang membutuhkan di sekitar balai ternak, dan juga Sekolah Cendekia Baznas di Bogor. Tidak hanya para peternak, warga sekitar yang memang kurang mampu akan bisa menikmati manfaat daging kurban Baznas.

"Bagi peternak yang selama ini kita bina, inilah saatnya kita panen di musim kurban ini. Selain peternak, warga sekitar juga bisa menikmati dan mendapatkan manfaat," ujarnya.

Dia juga menjelaskan, Baznas memiliki banyak balai ternak di daerah-daerah. Balai ternak ini tempat di mana hewan-hewan ternak dikembangbiakkan, kemudian disiapkan untuk melaksanakan program prioritas Baznas. Pada Idul Adha ini, hewan ternak dari balai ternak tersebut disiapkan untuk disembelih dan dibagikan kepada para warga yang membutuhkan.

"Dana dari muzakki kita belikan hewan ternak ke peternak di sini yang kita bina. Jadi dari kita, untuk kita," ucapnya.

Pendistribusian daging kurban, terang Mahdum, akan dilakukan dengan melibatkan pihak RT dan desa. Daging kurban tersebut tidak didistribusikan melalui kupon, tapi diantar langsung ke warga yang kurang mampu di sekitar.

Pendistribusian secara langsung kepada warga, kata Mahdum, bertujuan untuk menghindari penumpukan atau antrean warga yang ingin mendapatkan daging kurban. Karena itu, demi kemudahan dan keamanan warga, daging kurban diantar ke rumah mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement