Selasa 27 Jun 2023 23:08 WIB

Kecamatan Hingga Kelurahan di Kota Sukabumi Peroleh Penyaluran Hewan Kurban

Kurban merupakan ibadah yang mengikis cinta kepada dunia.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi hewan kurban.
Foto: AP Photo/Francisco Seco
Ilustrasi hewan kurban.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Pemkot Sukabumi dan DKM Masjid Agung Kota Sukabumi menyalurkan hewan kurban untuk kelurahan dan kecamatan. Harapannya daging kurban ini bisa dibagikan kepada warga di masing-masing wilayah pada momen Idul Adha mendatang.

'' DKM Masjid Agung dan Pemerintah Kota Sukabumi pada tahun ini akan kembali menyalurkan bantuan hewan kurban,'' ujar Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Sukabumi, Didin Syarifudin, Selasa (27/6/2023). Bantuan hewan kurban itu diantaranya berupa satu ekor domba untuk tingkat kelurahan.

Baca Juga

Selain itu dua ekor domba untuk tingkat kecamatan. Selain itu akan disalurkan pula bantuan hewan kurban di antaranya kepada panti asuhan dan lain sebagainya.

'' Seperti tahun yang lalu untuk kelurahan satu ekor domba, kecamatan dua ekor domba,'' ungkap Didin. Selain itu pemerintah daerah selalu memberikan bantuan kepada yayasan panti asuhan berupa hewan kurban.

 

Di sisi lain, Didin menerangkan Shalat Idul Adha tingkat Kota Sukabumi akan dipusatkan di Lapang Merdeka pada Kamis (29/6/2023). Bertindak sebagai khatib yakni KH Mukhtar Ubaidilah dan imam salat yakni Ustad Amir Ruslan dan bertindak sebagai muroqi pada Salat Idul Adha tersebut yakni Ustad Abdul Latif

'' Pelaksanaan Shalat Idul Adha pemkot dan DKM Masjid Agung Kota Sukabumi sesuai diputuskan pemerintah pusat pada Kamis,'' ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi. Sementara Muhammadiyah akan menggelar Shalat Idul Adha pada Rabu (28/6/2023).

Meskipun berbeda kata Fahmi, namun saling menghormati perbedaan. Sehingga akan tetap terjalin persatuan dan kesatuan.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha tingkat Kota Sukabumi telah disepakati dalam rapat bersama digelar di Lapang Merdeka pada Kamis. Namun pelaksanaan di Lapang Merdeka dengan syarat yang dipenuhi karana ada lintasan rubber dari karet harus berhati-hati.

Seperti diketahui Lapang Merdeka juga pernah menjadi lokasi Shalat Idul Adha Presiden Joko Widodo pada 2017 lalu. Pada waktu itu presiden ikut melaksanakan Shalat Idul Adha bersama ribuan warga Sukabumi.

Bahkan, pada pada 31 Agustus 1952 Presiden pertama Indonesia Soekarno melakukan Shalat Idul Adha di Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Shalat Ied itu diimami oleh KH R Ahmad Djunaidi Rodlibillah, seorang ulama Pejuang Sukabumi.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement