Kamis 22 Jun 2023 09:59 WIB

Dari Ternak Domba untuk Qurban, Idin Mampu Sekolahkan Anak-Anaknya

Idin memelihara 30 domba dalam satu koloni di Tasikmalaya.

Salah satu peternak domba qurban binaan Daarut Tauhid Peduli, Idin bersama domba peliharaannya di Tasikmalaya.
Foto: dok dt peduli
Salah satu peternak domba qurban binaan Daarut Tauhid Peduli, Idin bersama domba peliharaannya di Tasikmalaya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Idin (41 tahun) sudah memelihara domba sejak 11 tahun lalu. Ia bersama ratusan peternak binaan Daarut Tauhid (DT) Peduli di seluruh Indonesia masuk dalam program Peternak Un99ul.

Pria asal Desa Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat, ini mengaku menjadi peternak domba jadi satu-satunya harapannya saat ini. Selama 11 tahun ini, ia mengandalkan domba-domba peliharaannya sebagai sumber penghasilan. Terlebih, menjelang Hari Raya Idul Adha, Idin bisa memanen hasil dari peliharaannya itu.

Baca Juga

“Alhamdulillah, setelah mengikuti program ini, kami bisa mendapatkan pelatihan dan pendampingan secara rutin, kami bisa mendapatkan tambahan ekonomi (penghasilan) juga bisa mengikuti qurban tahun ini dari penghasilan program tersebut,” kata Idin dalam keterangan, Kamis (22/6/2023).

Idin memelihara 30 domba bersama Lukman (58) di Tasikmalaya. Domba-domba itu mereka rawat hingga saat Idul Adha tiba maupun sesuai permintaan. Dari domba-domba titipan itulah, para peternak kecil ini mampu menyekolahkan anak-anak mereka dan menjaga dapur rumah mereka tetap mengepul.

Hasil jerih payah mereka ini pun, tahun ini mereka bisa berqurban dengan domba terbaik. Selain diberikan hewan ternak, mereka juga dibina dan dibekali ilmu agama dari program Peternak Un99ul Daarut Tauhid.

Direktur Utama DT Peduli, M Bascharul Asana, mengaku Un99ulkan Qurban berupaya memberikan lebih banyak manfaat. Tak hanya orang yang ingin berqurban, tapi juga bagi penerima manfaat program Peternak Un99ul DT Peduli.

"DT Peduli menggunakan hewan-hewan dari program pembinaan Peternak Un99ul untuk qurban reguler. Sementara untuk yang qurban hemat, dipasok melalui vendor-vendor peternak yang qualified, terutama di kawasan Indonesia timur," ujarnya.

Saat memilih Un99ulkan Qurban DT Peduli, ratusan peternak kecil di pedesaan bisa memanen hasil jerih payah mereka. "Tak hanya itu, qurban turut dirasakan saudara-saudara kita di berbagai pelosok negeri hingga daerah yang jauh dari jangkauan," katanya menegaskan.

Ia menjamin qurban yang ditawarkan sesuai syariat. Dari mulai kriteria atau syarat sah hewan qurban, proses penyembelihan, hingga pendistribusian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement