Senin 19 Jun 2023 09:18 WIB

Sama dengan Muhammadiyah, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Jatuh pada 28 Juni 2023

Ini berarti Hari Arafah akan jatuh pada Selasa, 27 Juni 2023.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Monumen bulan sabit di Arab Saudi. Sama dengan Muhammadiyah, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Jatuh pada 28 Juni 2023
Foto: Saudigazette
Monumen bulan sabit di Arab Saudi. Sama dengan Muhammadiyah, Arab Saudi Tetapkan Idul Adha Jatuh pada 28 Juni 2023

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan hilal atau bulan sabit Dzulhijjah dilaporkan telah terlihat. Ini berarti Senin, 19 Juni 2023 menandai awal bulan Dzulhijjah.

Dilansir dari Saudi Gazette, Senin (19/6/2023), ini berarti Hari Arafah akan jatuh pada Selasa, 27 Juni dan Idul Adha akan dirayakan pada Rabu, 28 Juni.

Baca Juga

Jamaah haji akan berduyun-duyun pada awal Senin, 26 Juni 2023 ke situs suci Mina untuk menghabiskan hari Tarwiyah (persediaan air) dalam mengejar Sunnah kenabian. Ritual itu dilakukan dalam persiapan untuk wukuf di situs suci Arafah pada Selasa, 27 Juni yang menandai klimaks ziarah tahunan haji.

Mahkamah Agung sebelumnya telah meminta semua Muslim di seluruh Arab Saudi untuk melihat matahari terbenam pada Ahad untuk mencari hilal Dzulhijjah, yang akan menandai akhir bulan Zulqa'dah.

Idul Adha adalah hari raya besar Islam di mana umat Islam berkumpul untuk sholat, melakukan amal dan mengorbankan hewan, kebanyakan domba.

Negara tetangga Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) mengumumkan tanggal libur Idul Adha untuk karyawan sektor publik dari Selasa, 27 Juni hingga Jumat, 30 Juni 2023, selain akhir pekan dua hari pada Sabtu dan Ahad.

Sedangkan di Indonesia...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement