Jumat 16 Jun 2023 16:26 WIB

Bantu Masyarakat yang Membutuhkan, Baznas RI Gelar Kegiatan Donor Darah

Baznas RI menggelar kegiatan donor darah bertema Berkah Berdonor

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang mengadakan kegiatan donor darah dengan tema Berkah Berdonor, di Gedung Baznas RI, Jakarta, Jumat (16/6/2023).
Foto: dok Baznas
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang mengadakan kegiatan donor darah dengan tema Berkah Berdonor, di Gedung Baznas RI, Jakarta, Jumat (16/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang mengadakan kegiatan donor darah dengan tema Berkah Berdonor di Gedung Baznas RI, Jakarta, Jumat (16/6/2023). 

Kegiatan yang diikuti sekitar 150 amil dan keluarga besar Baznas itu merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat, serta untuk mencukupi kebutuhan kantong darah untuk mereka yang membutuhkan. Acara ini juga diadakan dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada 14 Juni lalu.

"Kegiatan ini merupakan wujud dari kepedulian agar saling membantu terhadap sesama yang membutuhkan serta membangun dan memotivasi karyawan Baznas untuk berdonor dan berbagi keberkahan melalui donor darah," kata Pimpinan Baznas RI, Kolonel Caj. (Purn) Drs. Nur Chamdani, di Jakarta, Jumat (16/6/2023). 

Menurut dia, salah satu manfaat paling penting dari donor darah adalah kemampuannya untuk menyelamatkan nyawa. Darah yang disumbangkan dapat digunakan untuk transfusi darah pada pasien yang membutuhkan suplai darah tambahan.

"Sebagaimana kita tahu, banyak manfaat ketika kita melakukan donor darah. Selain membantu menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkan transfusi darah, donor darah juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonor, seperti meningkatkan produksi sel darah baru, mengurangi risiko penyakit jantung, dan berbagai manfaat lainnya," ujarnya. 

Selain itu, pada acara ini para amilin dan amilat juga akan mendapatkan pengecekan gratis golongan darah, Hb dan tekanan darah, serta mendapatkan edukasi tentang manfaat donor darah.

Diharapkan, kegiatan multimanfaat ini dapat menjadi tambahan motivasi bagi para pendonor, sebagai bentuk saling berbagi. Karena untuk berbagi dan membantu sesama tak hanya melalui dana, tapi juga bisa melalui perbuatan baik seperti donor darah ini. 

"Dalam Islam, nilai-nilai kasih sayang, saling tolong-menolong, dan kepedulian terhadap sesama sangat ditekankan. Oleh karena itu, donor darah dipandang sebagai salah satu bentuk pelaksanaan nilai-nilai tersebut. Kepada seluruh pendonor amilin dan amilat Baznas RI serta PMI Tangerang yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya. Semoga melalui kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk kita dalam meningkatkan kepedulian kepada sesama," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement