Rabu 14 Jun 2023 04:46 WIB

Pelajaran dari Mamma Rosy dan Restoran Lain yang Sediakan Daging Babi

Pihak Mamma Rosy telah meminta maaf telah suguhkan daging babi ke konsumen.

Rep: Mabruroh / Umi Nur Fadhilah/ Red: Muhammad Hafil
Pelajaran dari Mamma Rosy dan Restoran Lain yang Sediakan Daging Babi. Foto:  Ilustrasi daging babi.
Foto:

Permintaan maaf

Restoran Italia di Jakarta, Mamma Rosy menyampaikan permintaan maaf atas permasalahan penyajian daging babi kepada konsumen Muslim. Pengelola dan staf Mamma Rosy Jakarta mengunggah video permintaan maaf di laman media sosial Instagram.

Pengelola Mamma Rosy Jakarta, Stefania Vigone mengakui restorannya membuat kesalahan besar karena menyajikan daging babi kepada satu konsumen keluarga Muslim. “Saya mau mohon maat atas nama saya, mama saya, staf Mamma Rosy untuk masalah ini,” kata Vigone dilansir video Instagram Mamma Rosy Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Vigone mengatakan media sosial Mamma Rosy menerima banyak pesan dan komentar atas permasalahan tersebut, misalnya meminta mereka kembali ke negara asal, keinginan adanya deportasi, harapan agar restoran bangkrut, dan sebagainya. Vigone memohon maaf atas permasalahan tersebut, karena hal itu merupakan tanggung jawabnya terhadao staf dan restoran Mamma Rosy.

Vigone mengatakan restoran Mamma Rosy bukan hanya tempat kerja, tetapi juga keluarga bagi sebagian besar karyawannya. Ada yang sudah bekerja selama 10 tahun, atau bertemu pasangan di sana. Karena itu, jika restoran Mamma Rosy tutup, maka dampaknya bukan untuk pengelola saja tapi untuk staf dan keluarganya.

“Kalau kita tutup, (dampak) ini masalah bukan untuk saya sendiri, tapi untuk keluarga yang kerja di sini, untuk bayar sekolah anak, sewa, cicilan mobil, motor,” ujar Vigone.

Dia menyatakan Mamma Rosy berusaha sudah berusaha merespon sepenuhnya masalah itu, seperti meminta maaf kepada keluarga konsumen bersangkutan, memberikan surat peringatan kepada staf yang membuat masalah. Vigone mengatakan alasannya tidak memecat karyawan itu karena konsumen yang mengalami masalah tidak ingin staf itu dirumahkan.

“Kita nggak kasih surat final kembali ke rumah, karena ibu kemarin tidak mau staf saya kehilangan kerjaan karena masalah ini. Kita sudah bicara sama ibu dan suami. Mereka satu keluarga bagus. Kita juga keluarga di sini. Kita akan coba cari solusi,” kata Vigone.

Dia mengatakan Mamma Rosy menerima semua masukan dan kritik dari warganet. Namun, dia meminta maaf karena tidak bisa membalas satu per satu pesan dan komentar yang masuk ke sosial media. Dia meminta warganet untuk berhenti menyerang konsumen yang mengalami masalah maupun Mamma Rosy.

“Dari hati saya, saya ingin meminta maaf secara pribadi. Saya merespon sepenuhnya, dan saya berusaha untuk sejujur mungkin. Jadi tolong berhenti menyerang keluarga yang kemarin mengalami kecelakaan ini, berhenti menyerang kami,” ujar Vigone.

Dia mengajak warganet untuk mencoba memberi mereka solusi cerdas mengatasi masalah ini. Mamma Rosy Jakarta mengatakan terbuka menerima saran untuk solusi masalah ini.

Saya sekali lagi mau mohon minta minta maaf. Saya satu-satunya (non-Muslim). Semua staf saya sebagian besar Muslim dan pasti mereka tidak ingin melakukan ini. Mereka tidak ingin menyebabkan ini, tetapi itu terjadi,” kata Vigone.

 

photo
Infografis Dalil Daging Anjing Haram - (Republika)

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement