Senin 12 Jun 2023 10:26 WIB

Jadwal Puasa Dzulhijjah 2023 Versi NU, Pemerintah, dan Muhammadiyah

Puasa Dzulhijjah adalah puasa yang dikerjakan pada sembilan hari pertama Dzulhijjah

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Jadwal Puasa Dzulhijjah 2023 Versi NU, Pemerintah, dan Muhammadiyah
Foto: republika
Jadwal Puasa Dzulhijjah 2023 Versi NU, Pemerintah, dan Muhammadiyah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa Dzulhijjah merupakan ibadah puasa yang dilakukan pada bulan Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam kalender Islam. Bulan ini memiliki keistimewaan karena terdapat ibadah haji yang dilaksanakan oleh umat Islam di Tanah Suci Makkah.

Puasa Dzulhijjah memiliki beberapa keutamaan dan hikmah. Buku Hikmah & Rahasia Puasa karya Al-Ghazali dkk menukil sebuah riwayat yang menyatakan Allah SWT telah memilih dalam setahun tiga kali sepuluhan bulan-bulan yang utama, yaitu sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan karena Lailatul Qadar, sepuluh hari bulan Dzulhijjah karena adanya hari Tarwiyah, hari Arafah, hari Qurban, Haji, Manasik; dan sepuluh hari bulan Muharram karena terdapat di dalamnya keberkahan hari Asyura.

Baca Juga

Puasa Dzulhijjah adalah puasa yang dikerjakan selama sembilan hari pertama Dzulhijjah. Di antaranya puasa Tarwiyah yang dilakukan pada 8 Dzulhijjah dan puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. Umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa Dzulhijjah akan mendapatkan pahala yang besar.

BACA JUGA: PWNU Jabar: Polisi dan TNI Harus Usut Dugaan Penyimpangan Pesantren Al Zaytun

 

Pahala ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah mendapatkan pelipatan pahala dibanding ibadah di bulan lainnya. Diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Tidak ada hari-hari yang beribadah di dalamnya lebih disukai oleh Allah daripada sepuluh hari bulan Dzulhijjah. Puasa sehari di dalamnya sama dengan puasa setahun, dan melaksanakan sholat di malam harinya sama dengan melaksanakan shalat di malam Lailatul Qadar.”

Lalu kapan umat Islam Indonesia bisa melaksanakan ibadah puasa Dzulhijjah?

Jadwal puasa Dzulhijjah versi NU dan pemerintah...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement