Kamis 18 May 2023 18:11 WIB

Lulusaan Poltekpel Sumbar Didorong jadi Agent of Change

Seorang pelaut ke depannya akan menghadapi banyak tantangan.

Kepala BPSDMP, Djoko Sasono mewisuda 112 Perwira Pelayaran Niaga, Poltekpel Sumbar, di Padang Pariaman pada Rabu. (17/05)
Foto: Istimewa
Kepala BPSDMP, Djoko Sasono mewisuda 112 Perwira Pelayaran Niaga, Poltekpel Sumbar, di Padang Pariaman pada Rabu. (17/05)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penguatan peran SDM dan IPTEK dalam bidang pelayaran merupakan salah satu strategi untuk melangkah lebih maju dalam melindungi lingkungan laut sebagai aset manusia yang paling berharga. Untuk ini, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendorong agar lulusan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat (Poltekpel Sumbar) menjadi agent of change. 

Hal tersebut disampaikan Kepala BPSDMP, Djoko Sasono, saat mewisuda 112 Perwira Pelayaran Niaga, Poltekpel Sumbar, di Padang Pariaman pada Rabu. (17/05). "Hal tersebut sesuai dengan tema wisuda kali ini yaitu Move towards for a Brighter Future Together to Protect and Preserve the Marine Environment, dimana tema ini merefleksikan sejarah panjang upaya untuk melindungi lingkungan laut dari dampak pelayaran melalui peraturan yang kuat dan komitmen yang berkelanjutan,” kata Djoko dalam kererangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (18/5).

 

photo
Kepala BPSDMP, Djoko Sasono, mewisuda 112 Perwira Pelayaran Niaga, Poltekpel Sumbar, di Padang Pariaman pada Rabu. (17/05) - (Istimewa)

 

Dia menambahkan, bahwa Lembaga Pendidikan di lingkungan Kementerian Perhubungan harus turut ambil andil dalam mencetak sumber daya manusia transportasi yang memiliki kompetensi dan profesional. Sehingga, hal itu dapat memelihara safety, security and protection of the maritime environment seperti yang tertuang dalam undang–undang pelayaran. 

"Para wisudawan harus menjadi agent of change yang memiliki kompetensi unggul dan berdaya saing tinggi sehingga dapat berkontribusi dalam memelihara dan meningkatkan keselamatan, keamanan dan perlindungan lingkungan maritim kedepannya." tambahnya.

Kepala BPSDMP berpesan bahwa, menjadi seorang pelaut ke depannya akan menghadapi banyak tantangan. Salah satunya yaitu masa transisi dari era Industri 4.0 menjadi era society 5.0 dimana kemajuan teknologi di seluruh bidang kehidupan akan bertransformasi lebih cepat.

"Tetap jaga semangat kalian agar dapat terus berkarya dan open minded serta senantiasa memiliki leadership dan memberikan sumbangsih yang nyata bagi masyarakat sehingga nilai-nilai PRESTASI (Profesional, Etika, Standar Global dan Integritas) yang menjadi slogan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dapat diwujudkan," pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, Capt Wisnu Risianto dalam laporannya mengatakan bahwa Para Perwira Pelayaran Niaga yang diwisuda kali ini merupakan lulusan dari  Program Diploma III Studi Nautika yaitu sebanyak 56 wisudawan, DIII Teknologi Nautika sebanyak 53 wisudawan, serta lulusan Program Diploma IV Transportasi Laut sebanyak 3 wisudawan.

Para wisudawan berhak memperoleh Ijazah Diploma III Nautika dengan gelar Ahli Madya Transportasi (A.Md.Tra) dan ijazah profesi Ahli Nautika Tingkat III (ANT III); Ijazah Diploma III Teknologi Nautika dengan gelar Ahli Madya Teknik (A.Md.T) dan ijazah profesi Ahli Teknika Tingkat III (ATT III) serta Ijazah Diploma IV Transportasi Laut dengan gelar Sarjana Terapan Transportasi (S.Tr.Tra).

“Para Perwira Pelayaran Niaga lulusan Poltekpel Sumbar yang telah dibekali dengan interpersonal skill yang baik harus mampu membangun personal branding dengan menunjukkan sisi profesionalitas, kompetensi, serta memiliki karakteristik,” tutupnya. 

Turut hadir pada Wisuda Perwira Pelayaran Niaga ini, para orang tua wisudawan, Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Laut, Kepala Pusat SDM Aparatur Perhubungan, Para Direktur Politeknik dan Ketua Sekolah Tinggi di lingkungan Kemenhub serta tamu undangan dari unsur Forkompinda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement