Rabu 17 May 2023 19:05 WIB

Doa Saat Sedih dan Gelisah yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

Islam memberikan solusi ketika dilanda sedih dan gelisah

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa. Ilustrasi. Islam memberikan solusi ketika dilanda sedih dan gelisah
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Berdoa. Ilustrasi. Islam memberikan solusi ketika dilanda sedih dan gelisah

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Doa saat sedih dan gelisah adalah hal yang penting untuk dilakukan seorang Muslim saat sedang mengalaminya. 

 

Baca Juga

Ada sejumlah doa yang bisa dipanjatkan sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Doa tersebut perlu diucapkan agar mendapat kesabaran atas kesedihan atau kegelisahan yang dirasakan. Rasulullah SAW bersabda: 

 

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

 

"Sungguh ajaib mukmin itu. Segala yang terjadi pada dirinya itu baik. Semua itu hanya ada pada diri orang yang beriman. Jika dia mendapatkan nikmat maka dia bersyukur dan itu baik baginya. Jika dia mendapatkan musibah maka dia sabar dan itu baik baginya." (HR Muslim)

 

Hendaknya seorang Muslim juga merenungi firman Allah SWT yang termaktub dalam Az Zumar ayat 10: 

 

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ "Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas." (QS Az Zumar ayat 10)

 

Doa Saat Sedih 

 

Dari Abdullah bin Mas'ud, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Seseorang tidak akan mengalami kesulitan atau kesedihan. Kemudian beliau SAW bersabda:

 

 اللَّهُمَّ إِنِّي عَبْدُكَ، وَابْنُ عَبْدِكَ، وَابْنُ أَمَتِكَ، نَاصِيَتِي بِيَدِكَ، مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ، عَدْلٌ فِيَّ قَضَاؤُكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ، أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ، أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ، أَوْ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ، أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيعَ قَلْبِي، وَنُورَ صَدْرِي، وَجِلاءَ حُزْنِي وَذَهَابَ هَمِّي، إِلا أَذْهَبَ اللَّهُ هَمَّهُ وَحُزْنَهُ وَأَبْدَلَهُ مَكَانَهُ فَرَجًا

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement