Senin 15 May 2023 08:11 WIB

Alumni Pesantren Dea Malela Optimistis Lanjutkan Studi ke Universitas Luar Negeri

Santri Pesantren Dea Malela dibiasakan berbahasa Inggris dan Arab.

Prosesi wisuda Pesantren Dea Malela Sumbawa
Foto:

Qariah terbaik adalah Naila Listi Rafifah dari Sumbawa.

Santriwati peserta yudisium terbaik berdasarkan akumulasi nilai akademik, nilai praktik, adab, serta ekstrakurikuler adalah Siti Aisyah Barokah dari sumbawa dan Siti Aisyah Nurfika dari Jakarta.  

Profil pesantren

Berlokasi di Jalan Bukit Kembar, Pemangong, Lenangguar, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Pesantren Internasional Dea Malela mendidik ratusan santri dari dalam dan luar negeri. Di pesantren yang berhawa sejuk itu, mereka digembleng dengan ilmu dan hikmah. Dengan begitu, karakter mereka terbentuk menjadi mulia: menghormati orang tua, cepat dan tangkat mengerjakan tugas, berbadan sehat, dan memiliki bekal rasa ingin tahu untuk melakuan riset dan karya akademik.

Bekal riset akademik ini dipersiapkan melalui penulisan karya ilmiah sebelum kelulusan. Kategori ilmiah ini terlihat dari adanya sistematika latar belakang, rumusan masalah, studi sebelumnya, dan beberapa elemen yang menjadi syarat ilmiah.

Karya ilmiah yang mereka susun dibimbing langsung oleh Prof Din Syamsuddin yang terbiasa menguji desertasi, thesis, dan skripsi di berabagai kampus perguruan tinggi nasional dan internasional.

Para santri juga diharuskan mempresentasikan karya akademik mereka di hadapan dewan guru yang dipimpin langsung Prof Din. Masing-masing siswa dipanggil dan menjelaskan apa yang mereka tulis selama 30 menit dalam Bahasa Arab atau Inggris.

Dalam keseharian, mereka dibiasakan berkomunikasi dengan Bahasa Arab dan Inggris. Pembimbing mereka adalah ustaz bergelar sarjana yang bertugas sebagai pendidik. Tak sekadar transfer ilmu, mereka harus menjadi teladan dalam bertutur kata dan bertindak, sehingga kelak para santri nanti meniru keteladanan tersebut saat berdakwah di masyarakat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement