Sabtu 29 Apr 2023 17:32 WIB

Pemerintah India Hapus Sejarah Muslim dari Buku Teks Sekolah Federal

Akademisi berpendapat penghapusan ini mencerminkan pandangan nasionalis Hindu.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Guru memimpin kelas pada hari pertama sekolah setelah pelonggaran pembatasan COVID-19 di sekolah negeri di Kolkata, India, 16 November 2021. Pemerintah India Hapus Sejarah Muslim dari Buku Teks Sekolah Federal
Foto:

Ini bukan pertama kalinya BJP mencoba merevisi buku teks federal. Pada 2018, Menteri Pendidikan Muda Satyapal Singh menolak teori evolusi Darwin karena tidak ada yang melihat kera berubah menjadi manusia dan ingin menghapusnya dari buku pelajaran sekolah. Sekarang, siswa kelas 9 dan 10 tidak mempelajari teori evolusi.

Beberapa sejarawan mengatakan perubahan terbaru ini bahkan lebih drastis. Mridula Mukherjee mengatakan menulis ulang sejarah adalah salah satu langkah yang diambil masyarakat menuju genosida.

“Kami telah cukup diperingatkan sekarang, kami tahu apa yang terjadi di Jerman, kami tahu apa yang terjadi di Italia, kami tahu apa yang terjadi di Rwanda, kami tahu apa yang terjadi pada orang Armenia,” katanya.

Akademisi dan cendekiawan senior telah menandatangani petisi yang menentang pemotongan buku teks. Dan beberapa pemerintah negara bagian mengatakan siswa mereka tidak akan belajar dari buku-buku pemerintah federal, sebagai gantinya menggunakan buku teks negara bagian.

“Namun, jika semua perlawanan seperti itu gagal, kami akan menghasilkan orang-orang bodoh yang fanatik,” kata Aditya Mukherjee.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement