Kamis 20 Apr 2023 19:03 WIB

Cara MER-C Semarakkan Ramadhan di Tanah Papua

MER-C berkomitmen membersamai masyarakat Papua dan menyemarakkan Ramadhan di sana.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kegiatan MER-C
Foto: Prayogi/Republika
Ilustrasi kegiatan MER-C

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Haru dan bahagia terpancar dari wajah warga di sejumlah kampung di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya usai mereka menerima bantuan program Semarakkan Ramadhan di Papua. Bantuan berupa alat sholat dan sembako disalurkan langsung oleh Tim Klinik Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia di Sorong.

Satu persatu kampung dan rumah warga didatangi oleh Tim MER-C untuk menyalurkan amanah dari para donatur bagi warga Muslim yang membutuhkan di wilayah Indonesia timur.

Baca Juga

“Alhamdulillah, tahun ini kita masih bisa berbagi kebahagiaan Ramadhan kepada saudara-saudara Muslim kita di Papua, khususnya Papua Barat Daya. Terima kasih atas kepercayaan para donatur yang telah menyisihkan rezekinya untuk program ini,” kata Koordinator Klinik MER-C wilayah Papua, dr. Zackya Yahya melalui pesan tertulis kepada Republika.co.id, Kamis (20/4/2023).

Zackya menjelaskan, donasi yang masuk bagi program Semarakkan Ramadhan di Papua totalnya sebesar Rp 83.619.721. Ditambah bantuan dalam bentuk mukena sebanyak 30 set.

 

“Dari donasi yang ada, kami bisa membelikan bantuan bagi warga Muslim di sini berupa mukena sebanyak total 330 paket dan sarung untuk anak-anak dewasa sebanyak 300 paket serta sembako sebanyak 100 paket,” kata Zackya.

Relawan yang sudah mengawal program Klinik MER-C di Papua selama lebih dari 15 tahun ini menjelaskan bahwa bantuan perlengkapan sholat dibeli di Jakarta dengan pertimbangan harga yang jauh lebih murah serta pilihan dan stok banyak, dibandingkan dibeli di Sorong. Bantuan lalu dikirim ke Sorong melalui ekspedisi kapal laut.

Sementara untuk bantuan sembako yang terdiri dari beras super 5 kg, tepung terigu 2 kg, gula pasir 2 kg dan minyak goreng 2 kg semua dibeli dan di-packing oleh Tim MER-C di Sorong.

“Alhamdulillah sarung dan mukena dari donatur MER-C buat bapak-bapak dan ibu-ibu serta para remaja dan anak-anak sangat bermanfaat untuk mereka pakai lebaran. Warga terharu dan sangat bersyukur menerima semua bantuan ini,” ungkap Zackya yang sempat ikut turun langsung menyalurkan bantuan kepada warga Muslim di Papua Barat Daya.

Bantuan didistribusikan ke beberapa kampung seperti Kampung Maibo Klalin 4, kampung Malawele, kampung Malawili, kampung Klasuluk, kampung Malaus. Untuk bantuan sembako banyak difokuskan ke Kampung Klalin 4 karena yang paling minus kondisi masyarakatnya. Selain itu, bantuan juga disalurkan ke panti yatim putra dan putri Muslim Papua, panti putra dan putri Muhammadiyah, serta pondok pesantren Hidayatullah, pondok pesantren Darul Istiqomah dan dhuafa di sekitar Klinik MER-C.

Zackya berharap tahun depan tetap ada bantuan donasi untuk paket Ramadhan yang lebih banyak agar bisa menambah jumlah bantuan yang diberikan. Semoga bisa menyiapkan baju koko bagi anak-anak dan hijab bagi ibu-ibu.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement