Kamis 20 Apr 2023 01:50 WIB

Bupati Nunukan: Zakat Bangun Ekonomi Daerah

Bupati Nunukan mengimbau seluruh ASN Muslim membayar zakat melalui Baznas.

Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi Zakat. Republika/Thoudy Badai

REPUBLIKA.CO.ID, TANJUNG SELOR -- Bupati Nunukan Asmin Laura menginstruksikan aparatur sipil negara (ASN) di daerah itu segera membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) agar aman dan tepat dalam penyaluran.

"Sesegera mungkin salurkan ke Baznas tentu lebih aman, teratur, dan tepat salur," kata dia di Nunukan, Kalimantan Utara, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga

Selain di Baznas, ia tetap mempersilakan jika ada ASN yang menyalurkan zakat, baik fitrah maupun zakat mal, termasuk infakdan sedekahdi unit-unit lembaga pengumpulan zakat lainnya.

Penyaluran zakat yang cepat diharapkan dia dapat didistribusikan dalam waktu yang tidak terlalu lama. Dengan begitu, masyarakat yang berhak menerima zakat dapat ikut terbantu.

Ia mengharapkan ASN menjadi teladan bagi masyarakat lainnya agar sesegera mungkin membayarkan zakat karena zakat memiliki dimensi sosial yaitu saling tolong-menolong antarmanusia.

Zakat yang dibayarkan melalui Baznas, kata Asmin Laura, selama ini dimanfaatkan dengan baik guna menyantuni para janda tua, anak-anak yatim, membantu biaya pengobatan, memberikan beasiswa para penghafal Alquran.

"Kita mungkin tidak menyadari bahwa lima puluh atau seratus ribu rupiah yang dipotong dari gaji kita setiap bulan telah menolong ratusan orang yang kurang mampu. Sebagai umat yang beriman, kita percaya bahwa sekecil apapun amal kebaikan, pasti akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT," kata dia.

Baznas adalah lembaga yang melakukan pengelolaan zakat secara nasional. Baznas merupakan lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dan bertanggung jawab kepada Presiden melalui Menteri Agama.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement