Rabu 19 Apr 2023 19:41 WIB

Sepanjang Ramadhan, Baznas Makassar Salurkan Zakat Rp 1,8 M

Baznas Makassar menyemarakkan Ramadhan dengan berbagai program pemberdayaan.

Logo Baznas
Foto: dok. Baznas
Logo Baznas

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Makassar, Sulawesi Selatan telah menyalurkan Rp1,8 miliar zakat hasil dari pengumpulan zakat harta hingga pekan terakhir Ramadhan 1444 Hijriah.

"Sejauh ini sudah Rp1,8 miliar selama Ramadhan (disalurkan, red.). Tapi masih ada satu kecamatan, sisa mau disalurkan semuanya, penyalurannya selama Ramadhan, termasuk mualaf," kata Wakil Ketua II Baznas MakassarAbd Jurlan di Makassar, Rabu (19/2023).

Baca Juga

Penerima zakatdi Kota Makassar tercatat 6.000 orang, tersebar merata di 15 kecamatan. Rinciannya, penyapu jalan atau petugas kebersihan 5.300 orang, prasejahtera 1.530 orang tersebar 10 orang di 153 kelurahan.

"Tapi ada juga untuk mualaf dan ada juga bantuan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menegah) dan difabel itu sekitar 200 orang akan dibagikan pada hari terakhir Ramadhan," kata dia.

 

Saat ditanya perbandingan pengumpulan zakat tahun 2023 dengan 2022, kata dia, tahun ini lebih banyak. Bahkan ada pula orang yang membawa zakat fitrah ke kantor Baznas Makassar.

"Tahun ini lebih banyak lagi, karena sekarang orang zakat fitrah datang di sini. Dulu kita tidak ambil karena itu disalurkan ke masjid. Tapi, sekarang tetap diarahkan ke masjid, karena ada unit pengumpulan zakat (UPZ). Jumlah UPZ kita itu ada 1.200 dari 1.350 masjid yang ada di Makassar," ungkapnya.

Selain penyaluran zakat fitrah melaluimasjid, kata dia, masih banyak pengusaha membawa zakatke Baznas, salah satunya dari Polres Pelabuhan Makassar dengan nilai Rp21 juta, dalam bentuk zakat fitrah.

Untuk zakat harta atau penghasilan profesi dari Polres Pelabuhan setiap bulan yang terkumpul sekitar Rp36 juta. Zakat itu dipotong dari gaji mereka.

"Tapi, ada juga dari instansi pemerintah lainnya. Intinya, lebih banyak tahun ini. Zakat ini tidak boleh disimpan dan harus disalurkan, karena untuk dana operasional sudah ada dari Pemkot Makassar," ujarnya.

Wakil Ketua I Baznas Makassar Ahmad Taslim menyatakan target pengumpulan zakat harta selama Ramadhan tahun ini Rp2 miliar hingga Rp 3 miliar.

"Target pengumpulan zakat kita itu antara Rp2 miliar sampai Rp3 miliar selama Ramadhan. Kita juga bersyukur tahun ini sudah banyak pengusaha dan instansi yang sadar menyerahkan zakatnya langsung ke Baznas," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement