Rabu 19 Apr 2023 06:57 WIB

Ustaz Yusuf Mansur Lebaran Jumat

UYM sholat Id Jumat merujuk kibat Sulamunnayyirain karya Guru Mansur.

Pimpinan Umum Daarul Qur
Foto: Republika/Prayogi
Pimpinan Umum Daarul Qur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Pesantren Tahfizh Daarul Quran, Ustaz Yusuf Mansur (UYM) sudah memutuskan 1 Syawal 1444 Hijriyah jatuh pada Jumat (21/4/2023). Dia pun akan menunaikan sholat Idul Fitri pada Jumat merujuk kibat Sulamunnayyirain.

"Kami sekeluarga Lebaran Jumat, izin Allah. Ini menurut cara hisab, ilmu hisab Guru Mansur. Tapi di Daqu diserahkan juga ke masing-masing mau ikut yang mana," kata UYM melalui akun Instagram @yusufmansurnew dikutip Republika.co.id di Jakarta, Rabu (19/4/2023).

Guru Mansur yang memiliki nama asli KH Muhammad Mansur merupakan ulama Betawi yang dikenal ahli falak ternama. Namanya diabadikan sebagai Masjid Jami Al Mansur yang sudah berusia tiga abad lebih di Kelurahan Jembatan Lima, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

UYM pun berpesan kepada mereka yang Lebaran lebih dulu untuk tidak usah takbiran memakai pengeras suara di masjid atau mushola keluar. Dia meminta agar tetap menghargai yang sedang berpuasa Ramadhan ke-30 hari.

"Ga usah show gitu, kalem saja, datar. Tapi boleh banget bergembira, bahagia. Cuma jangan ngeledek. Sound system saat Id pun diatur. Hanya seukuran jamaah yang ikut Lebaran di Jumat. Izin Allah," kata UYM.

Dia pun memberi ucapan kepada mereka yang akan merayakan Lebaran dan mudik. UYM juga titip salam kepada keluarga para pemudik. "Buat kawan-kawan yang gak ngerti perhitungannya, mangga ikut pemerintah ya. Gapapa. Maafin kami-kami," kata UYM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement