Selasa 11 Apr 2023 13:40 WIB

Rektor Unhas Buka MTQ Mahasiswa yang Diikuti 374 Peserta

MTQ Mahasiswa merupakan sarana pembelajaran Alquran di Unhas.

Ilustrasi kegiatan MTQ. Unhas Makassar menggelar MTQ Mahasiswa.
Foto: Pemprov Sumbar
Ilustrasi kegiatan MTQ. Unhas Makassar menggelar MTQ Mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Rektor Unhas Jamaluddin Jompa, membuka Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) 2023 di Lantai Dasar Gedung Rektorat Unhas, Makassar, kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir pada 10-13 April 2023 ini diikuti 374 mahasiswa

Baca Juga

Rektor dalam sambutannya mengatakan momentum Ramadhan bukan sekadar memperbanyak membaca Alquran, tetapi menjadi waktu untuk lebih banyak mendalami isi Al-quran lewat kajian, termasuk lewat kegiatan MTQ Mahasiswa yang berlangsung Senin.

Ia lebih lanjut menekankan Unhas bukan kampus yang hanya mengedepankan kecerdasan intelektual saja, melainkan juga kecerdasan spiritual.

"Sesungguhnya Unhas tidak boleh lepas dari kampus yang berlandaskan spiritual, kita bina dan kita pupuk kecerdasan spiritual. Apabila kecerdasan intelektual dan spiritual digabung, lahirlah kecerdasan emosional," ujarnya

Sementara itu, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Abdullah Sanusi SE MBA PhD dalam laporannya mengatakan, MTQ Mahasiswa Unhas tahun 2023 diikuti 374 mahasiswa untuk 10 cabang lomba.

Jumlah tersebut sekaligus menjadi jumlah partisipasi terbanyak sepanjang penyelenggaraan MTQ di Kampus Merah. Fakultas Ilmu Budaya mengutus perwakilan mahasiswa terbanyak dengan total 63 mahasiswa.

"Pada MTQ Mahasiswa kali ini juga diikuti lima mahasiswa internasional dari Fakultas Kedokteran yang mengikuti cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran dan Hifzil Qur?an 5 juz," ujar Abdullah Sanusi.

Abdullah Sanusi menambahkan bahwa MTQM Unhas 2023 ini menjadi ajang seleksi tingkat universitas dan yang menang nantinya akan mewakili kampus di tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya.

Setelah resmi dibuka oleh Rektor Unhas, acara dilanjutkan dengan perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran di Lantai Dasar Gedung Rektorat. Selain itu, lomba lainnya digelar paralel yaitu Musabaqah Hifzil Quran 5 juz, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Alquran dan penilaian Lomba Fotografi Ramadan.

Sedangkan untuk Lomba Ceramah Bahasa Daerah , Musabaqah Khaththil Quran, Musabaqah Tartil Quran, dan Musabaqah Syarhil Quran, Musabaqah Fahmil Quran dan Musabaqah Hifdzil Quran 10 juz digelar pada Selasa 11 April 2023. Untuk lomba Musabaqah Syarhil Quran digelar pada Rabu 12 April 2023 yang kemudian dilanjutkan dengan pengumuman dan penutupan MTQM 2023.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement