Sabtu 08 Apr 2023 17:31 WIB

Arab Saudi akan Dilanda Hujan Lebat dan Badai Pasir hingga Akhir Ramadhan

Warga Arab Saudi diminta waspadai dampak cuaca ekstrem

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi suasana jamaah haji. Warga Arab Saudi diminta waspadai dampak cuaca ekstrem
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Ilustrasi suasana jamaah haji. Warga Arab Saudi diminta waspadai dampak cuaca ekstrem

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH – Hujan sedang hingga lebat, badai pasir dan hujan salju diperkirakan akan terjadi di sebagian besar wilayah Arab Saudi. 

Menurut perkiraan Pusat Meteorologi Nasional (NCM), kondisi ini terjadi mulai Ahad (9/4/2023) hingga akhir bulan suci Ramadhan. 

Baca Juga

Badai petir musim semi, disertai badai debu, hujan deras dan hujan salju disebut akan terjadi dari Senin hingga Kamis, di wilayah Qassim, Riyadh, Provinsi Timur dan Hail. 

Dilansir di Saudi Gazette, Sabtu (8/4/2023, dalam sebuah pernyataan NCM menyebut hujan sedang hingga lebat akan terjadi di wilayah Asir, Al-Baha, Jazan, Makkah, Najran dan Madinah pada Ahad dan Senin, serta pada hari Rabu dan Kamis. 

Di sisi lain, cuaca badai petir sedang hingga lebat akan dialami di wilayah Tabuk, Al-Jouf dan wilayah Perbatasan Utara, dari Senin hingga Rabu. 

Pusat tersebut juga menyatakan badai petir ringan hingga sedang, disertai badai pasir, diperkirakan terjadi di Provinsi Timur dari Senin hingga Kamis. Kondisi yang sama terjadi di wilayah Mekkah, Tabuk dan Madinah pada Ahad dan Senin, serta pada Rabu. 

Baca juga: Yang Terjadi Terhadap Tentara Salib Saat Shalahuddin Taklukkan Yerusalem

 

Prakiraan awal menunjukkan kemungkinan hujan akan berlanjut di sebagian besar wilayah Arab Saudi hingga pertengahan pekan depan. 

Terakhir, NCM mendesak masyarakat untuk menantau situs web dan akun media sosialnya, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang situasi cuaca yang diprediksi dan daerah yang terkena dampaknya. 

Mereka juga meminta masyarakat untuk secara ketat mematuhi instruksi yang dikeluarkan oleh otoritas yang berwenang. 

 

Sumber: saudigazette

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement