Senin 03 Apr 2023 15:53 WIB

Selama Ramadhan, Baznas Beri Layanan Kesehatan Keliling di Pesantren dan Panti

Layanan kesehatan gratis merupakan program Ramadhan dari Divisi Kesehatan Baznas

Selama bulan suci Ramadhan tahun 2023 ini Badan Amil Zakat (BAZNAS) melalui tim Rumah Sehat Baznas (RSB) mengadakan program Layanan Kesehatan Keliling dengan memberikan pengobatan dan konsultasi gratis kepada masyarakat, khususnya di lingkungan pesantren, panti asuhan, dan panti jompo.
Foto: Dok Baznas
Selama bulan suci Ramadhan tahun 2023 ini Badan Amil Zakat (BAZNAS) melalui tim Rumah Sehat Baznas (RSB) mengadakan program Layanan Kesehatan Keliling dengan memberikan pengobatan dan konsultasi gratis kepada masyarakat, khususnya di lingkungan pesantren, panti asuhan, dan panti jompo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama bulan suci Ramadhan tahun 2023 ini Badan Amil Zakat (Baznas) melalui tim Rumah Sehat Baznas (RSB) mengadakan program Layanan Kesehatan Keliling dengan memberikan pengobatan dan konsultasi gratis kepada masyarakat, khususnya di lingkungan pesantren, panti asuhan, dan panti jompo.

Program Layanan Kesehatan Keliling Baznas ini bertujuan mengoptimalkan fungsi pesantren dan panti sebagai pemulihan, perlindungan, pengembangan dan pencegahan dalam bidang kesehatan."Ini merupakan program Ramadhan dari Divisi Kesehatan Baznas. Kali ini, program layanan kesehatan dititikberatkan di beberapa pondok pesantren. Kegiatannya memang hanya berupa pengobatan saja untuk para santri dan pengurus pondok," kata Kepala Divisi Divisi Program Kesehatan dr Reza Ramdhoni, Sabtu (1/4/2023).

Dalam pelaksanaannya, kata dr. Reza terdapat 13 RSB yang akan menyasar 39 titik yang terdiri dari 20 pesantren dan 19 panti di Indonesia. Program Layanan Kesehatan Keliling ini menyediakan kuota sebanyak 100 pasien di setiap titiknya dengan total target sebanyak 3.900 pasien.

Pada Bulan Ramadhan tahun ini, Layanan Kesehatan Keliling Baznas memperluas jangkauannya di beberapa pesantren maupun panti. Program Layanan Kesehatan ini bergulir di beberapa titik, di antaranya, Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqam, Pondok Pesantren Al Istiqamah, Pesantren Al Qur'an Nur Medina, Pondok Pesantren Mahasina, Panti Asuhan Yayasan Bina Sosial Jakarta Utara, Panti Asuhan Chairun Nisa, Pondok Pesantren Nurul Huda.

"Dan, saat ini tengah bergulir di Pondok Pesantren Mahasina yang berada di kawasan Bekasi, Jawa Barat," ujar dr Reza.

"Tujuan dari program ini untuk menyehatkan dan melihat kondisi umum dari para santri di setiap pondok pesantren yang memang telah direkomendasikan dari Divisi Kesehatan Baznas," ungkapnya.

Program Layanan Kesehatan Keliling Baznas disambut baik oleh para pengunjung, terlihat dari antusiasme mereka yang berdatangan sebelum program dibuka. Menurut Pengasuh Pondok Pesantren Mahasina, Bekasi, Nyai Badriyah Fayumi Lc MA, program Layanan Kesehatan dari Baznas telah memberikan manfaat untuk banyak orang.

"Kami sebagai pengasuh Pondok Pesantren Mahasina menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Baznas karena banyak program Baznas yang menjadikan kami sebagai pihak penerima manfaat," ungkapnya.

Badriyah juga berharap, ke depan program-program Baznas mendapatkan kelancaran dan keberkahan."Semoga Baznas semakin berkah, makin memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi masyarakat Indonesia, khususnya untuk para santri," tuturnya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement