Selasa 21 Mar 2023 22:15 WIB

Baznas DKI Targetkan Zakat Rp 99 M

Baznas berharap Muslim seluruh Indonesia menunaikan zakat.

Ilustrasi penguatan literasi zakat oleh Baznas.
Foto: Dok. Baznas
Ilustrasi penguatan literasi zakat oleh Baznas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baznas (BAZIS) DKI Jakarta menargetkan penyerapan zakat program "Zakat Makin Berkah" selama Ramadhan sebesar Rp99 miliar bisa tercapai seiring penunjukan pesepakbola nasional Bambang Pamungkas (Bepe) sebagai duta zakat.

"Mas Bambang Pamungkas ini banyak dikenal masyarakat, terutama karena kiprah dia di dunia olahraga sepak bola. Beliau punya kepedulian besar terhadap mustahik," kata Wakil Ketua IV Bidang Administrasi, SDM dan Umum Badan Amil Zakat Nasional (Badan Amil Zakat, Infaq,Shadqah)/ Baznas (BAZIS)DKI Jakarta Nasir Tajang di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga

Bepe diketahui pernah melelang sepatunya untuk membantu penyintas Covid-19. Dia juga kerap mengajak masyarakat luas di Jakarta untuk bisa berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan Ramadhan dan lebih peduli kepada sesama.

Dengan pelibatan figur publik seperti Bepe, Nasir berharap muzaki, khususnya dari generasi milenial akan lebih aktif menunaikan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) melalui Baznas (BAZIS) DKI Jakarta.

Terlebih, di bulan suci Ramadhan kerap menjadi momentum para muzaki untuk meningkatkan kepedulian kepada mustahik.

"Target sebesar Rp99 miliar ini kami optimis bisa tercapai karena biasanya memang terjadi peningkatan penunaian ZIS saat Ramadhan," ujar Nasir.

Adapun untuk menunaikan ZIS melalui Baznas (BAZIS) itu sangat mudah, bisa datang secara langsung (offline) ke kantor-kantor Baznas (BAZIS) DKI Jakarta dan 100 gerai ZIS yang tersedia.

Selain itu, juga bisa daring lewat transfer bank, baik menggunakan QRIS atau aplikasi Simpul Kebaikan.

Duta zakat "Makin Berkah" Baznas (BAZIS) DKI Jakarta, Bambang Pamungkas mengaku senang dan bersyukur bisa terlibat dalam program mulia tersebut.

"Amanah ini akan saya laksanakan sebaik-baiknya. Saya mengajak masyarakat yang memiliki rezeki lebih untuk tidak lupa berzakat," kataBepe.

Dia juga mengajak, komunitas suporter sepak bola di Jakarta, The JakMania agar bisa ikut berzakat melalui Baznas (BAZIS) DKI Jakarta.

Sebab, Baznas (BAZIS) merupakan lembaga yang kredibel dan bisa dipercaya mengelola dan menyalurkan ZIS kepada mustahik.

"Saya mengajak The Jakmania, ayo kita bisa menunaikan Zakat melalui Baznas (BAZIS)," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas (BAZIS)Jakarta Ahmad Sholeh menambahkan, terdapat 15 program yang akan dilaksanakanselama Ramadhan 1444 Hijriah.

Kelima belas program tersebut yakni: Pawai Ramadhan, Sejuta Takjil Ramadhan, Semua Bisa Makan Spesial Ramadhan, Cahaya Ramadhan di Panti, Duta Imam Tarawih, Bedah Rumah Penghafal Qur'an, dan Hijrah Hapus Tato.

"Ada juga program Festival Ramadhan di Kampung Gembira Gembrong, BAZIS Bersih Masjid dan Mushola, Penunaian ZIS Pj Gubernur dan Pejabat DKI, Asean Halal Food Festival, Mudik Bareng Disabilitas, Posko Mudik, Bagiin THR, serta Penyaluran Zakat Fitrah," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement