Kamis 16 Mar 2023 14:35 WIB

Sambut Ramadhan, Human Initiative Salurkan Bantuan yang Menjangkau 250 Ribu Orang

Program Ramadan Untuk Semua dijalankan 13 cabang Human Initiative seluruh Indonesia

Organisasi kemanusiaan global, Human Initiative dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah akan menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada 250 Ribu orang penerima manfaat di Indonesia
Foto: Dok Human Initiative
Organisasi kemanusiaan global, Human Initiative dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah akan menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada 250 Ribu orang penerima manfaat di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Organisasi kemanusiaan global, Human Initiative dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah akan menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada 250 Ribu orang penerima manfaat di Indonesia. Bantuan tersebut dikemas dalam program bertema "Ramadhan Untuk Semua" yang di dalamnya ada program berbagi bantuan bingkisan sembako, berbagi ifthor, dan berbagi tunjangan hari raya (THR).

Bantuan akan disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T), penyandang disabilitas, serta masyarakat terdampak bencana alam. Sebab berdasarkan data yang didapat Human Initiative, kemiskinan di wilayah 3T sebanyak 26,26 juta jiwa, jumlah penyandang disabilitas mencapai 22,5 juta atau setara 5 persen penduduk Indonesia, dan sebanyak 3.522 bencana alam terjadi di sejumlah wilayah Indonesia sepanjang 2022.

Program Ramadan Untuk Semua dijalankan oleh 13 cabang Human Initiative di seluruh Indonesia. Salah satu daerah yang tersentuh program Ramadhan Untuk Semua adalah Kabupaten Cianjur, di sana Human Initiative menyasar masyarakat terdampak bencana gempa bumi.

Di Cianjur, Vice President Resource Human Initiative, Rully Barlian Thamrin, menyampaikan, sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadhan yakni bulan yang sangat penting dan mulia. Di bulan suci Ramadhan, semua orang akan didorong dan terdorong untuk saling membantu dan saling peduli kepada sesama.

 

"Kami dari Human Initiative selalu berupaya untuk menebar manfaat yang semakin luas, kami pada bulan suci Ramadhan ini ingin terus memperluas sebaran manfaat dan memperluas penerima manfaat," kata Rully di hadapan ratusan penerima manfaat program Ramadhan Untuk Semua, di Kantor Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Rabu (15/3/2023).

Rully menyampaikan, melalui program Ramadhan Untuk Semua, Human Initiative ingin menyebarkan Islam rahmatan lil alamin atau cinta kasih bagi seluruh alam. Untuk itu, Human Initiative menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang membutuhkan di daerah 3T, penyandang disabilitas, dan masyarakat terdampak bencana alam.

Rully menambahkan, pada momentum Ramadhan tahun 2023 ini, Human Initiative mengajak semua pihak untuk kolaborasi di antaranya pemerintah, swasta, media massa, akademisi, tokoh, individu dan lain sebagainya untuk mengisi bulan suci Ramadhan dengan kepedulian. Human Initiative berharap bulan suci Ramadhan dapat diisi dengan kegiatan amal sholeh.

Di Cianjur, bantuan kemanusiaan yang dibawa Human Initiative disalurkan melalui lembaga Lazis Muhammadiyah, NU Care Lazisnu, Lazis Persis, Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) dengan bekerja sama dengan pemerintah setempat.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Ciherang, Acep Haryadi, menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Human Initiative. Acep mengatakan, Human Initiative semenjak bencana gempa bumi sampai masa transisi terus membantu masyarakat yang terdampak bencana. "Mungkin orang lain sudah tidak ada di masa transisi tapi Human Initiative masih terus membantu masyarakat terdampak bencana alam," ujar Kepala Desa Ciherang.

Acep bersyukur, kegiatan kemanusiaan yang dilakukan para relawan Human Initiative sebelumnya sangat membantu masyarakat. Ditambah sekarang ada bantuan paket sembako untuk masyarakat menyambut Ramadhan.

photo
Program Ramadan Untuk Semua dijalankan oleh 13 cabang Human Initiative di seluruh Indonesia - (Dok Human Initiative)

Camat Kecamatan Pacet, Yudi Suhartoyo menyampaikan hal senada dengan Kepala Desa Ciherang. Ia bersyukur keberkahan yang dibawa Human Initiative hadir di tengah-tengah masyarakat.

"Kejadian yang menimpa kita ini bukan akibat dari kita atau pemerintah, tapi takdir dari Allah, musibah ini adalah ujian, saya berharap warga Desa Ciherang ini tetap tabah dan semangat," ujar Yudi.

Di akhir pidatonya, Camat Kecamatan Pacet, menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Human Initiative kepada masyarakat terdampak bencana di wilayahnya.

Sekretaris Satu HWDI, Budi Setianingsih, menyampaikan, bahagia bisa berkolaborasi dengan Human Initiative karena visi dan misinya sama yakni untuk kebaikan. HWDI berharap Human Initiative bisa bekerjasama di bidang lainnya agar lebih luas lagi bentuk kerjasamanya.

"Karena HWDI juga mengadvokasi perempuan disabilitas, karena perempuan disabilitas masih ternomor-duakan," jelas Budi.

Ketua Bidang Organisasi PPDI, Kamaludin, menyampaikan, PPDI sudah menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga, di antaranya pernah membagikan 45 unit kursi roda di Cianjur. Kali ini PPDI bekerjasama dengan Human Initiative. "PPDI merasa berkewajiban membantu sesama walau kondisinya (kami) begini," ujar Kamaludin.

Ketua Squad Ramadhan Human Initiative, Mukhoer Abdus Syukur, menyampaikan Human Initiative dalam program bertema Ramadhan Untuk Semua menargetkan akan menjangkau 252.195 orang. Di wilayah Cianjur pada fase pertama program Ramadhan tahun ini dibagikan 1.444 paket sembako.

"Program Ramadhan Untuk Semua dibagi menjadi tiga, diantaranya berbagi bantuan bingkisan sembako, berbagi ifthor dan berbagi THR," kata Mukhoer.

Mukhoer mengenaskan, karena Human Initiative ingin menyebarkan Islam rahmatan lil alamin, kebahagiaan yang dibawa program Ramadhan Untuk Semua tidak hanya dinikmati masyarakat Muslim saja. Karena Human Initiative di Ramadhan tahun 2023 ini berharap bisa menghadirkan Islam rahmatan lil alamin, doa kebaikan dari para penerima manfaat dan bisa membahagiakan semua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement