Kamis 09 Mar 2023 19:22 WIB

Masjid Blackburn Baru Terima Bantuan Dana Rp 2,3 Miliar

Masjid Blackburn menjadi pusat kegiatan keagamaan selama lebih dari 40 tahun.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
 Murid dari sekolah Darwen Aldridge Enterprise Studio School di Oak Street, Blackburn, Inggris mengunjungi Masjid Madinah untuk berbagi budaya dan pengetahuan tentang keyakinan Islam. Masjid Blackburn Baru Terima Bantuan Dana Rp 2,3 Miliar
Foto: Lancashire Telegraph
Murid dari sekolah Darwen Aldridge Enterprise Studio School di Oak Street, Blackburn, Inggris mengunjungi Masjid Madinah untuk berbagi budaya dan pengetahuan tentang keyakinan Islam. Masjid Blackburn Baru Terima Bantuan Dana Rp 2,3 Miliar

REPUBLIKA.CO.ID, BLACKBURN -- Pusat Pendidikan Islam Blackburn yang sedang memasuki tahap akhir pembangunan menerima bantuan melalui malam penggalangan dana senilai 126 ribu poundsterling atau setara Rp 2,3 miliar.

Bangunan ibadah itu nantinya akan menggantikan bangunan bertingkat di sudut Jalan Addison. Masjid tersebut telah menjadi pusat kegiatan keagamaan selama lebih dari 40 tahun.

Baca Juga

Dilansir di Asian Image, Kamis (9/3/2023), masjid baru ini didanai sepenuhnya oleh sumbangan masyarakat. Para sukarelawan mengadakan sejumlah program, mulai dari perjalanan amal dan bersepeda yang melelahkan selama lima tahun terakhir.

Kegiatan penggalangan dana ini juga telah membantu menginspirasi orang-orang dari dalam komunitas untuk juga terlibat dalam serangkaian inisiatif kesehatan dan kesejahteraan. Bagian luar masjid telah selesai dan tidak ada lagi pekerjaan untuk menyelesaikan interiornya.

Masjid baru ini akan menyediakan area sholat khusus wanita, serta bagian untuk melakukan ritual terakhir bagi jenazah. Adapun kegiatan makan malam penggalangan dana yang dimaksud dilakukan di Staveley House dan dihadiri oleh 200 tamu.

Selama acara, disampaikan kisah dari dari para sukarelawan dan pemutaran video khusus tentang gambaran masjid ketika selesai nanti. Sumbangan dana ini datang dari bisnis lokal dan keluarga Muslim, dalam upaya membantu para relawan masjid mencapai target 260 ribu poundsterling (Rp 4,7 miliar) yang mereka buat.

Dana sebesar 126 ribu poundsterling didapat melalui perjanjian (pledge). Sementara, angka untuk sumbangan karpet disebut kemungkinan jauh lebih tinggi. Pembawa acara kegiatan malam amal itu, Tabarik Zabier mengantisipasi antara 70 ribu hingga 100 ribu poundsterling bisa dihasilkan di malam itu.

"Kami telah melakukannya dengan sangat baik, terlepas dari keadaan yang dihadapi negara secara ekonomi," kata dia.

Zabier percaya, dana yang didapat ini akan menjadi tambahan dari donasi yang luar biasa untuk membayar karpet masjid. Penyelenggara juga mengatakan mereka berterima kasih kepada semua orang yang memberikan sumbangan pada malam itu. Restoran Waheed, sebagai pihak yang ikut berpartisipasi, disebut telah menyumbangkan semua makanan terbaiknya untuk para tamu.

Staveley House disebut menyediakan tempat tersebut dengan harga diskon, untuk memastikan dana lebih lanjut dapat disumbangkan ke masjid. Segala informasi lebih lanjut tentang proyek ini diunggah di halaman Facebook Pusat Pendidikan Islam Brooklyn.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement