Rabu 08 Mar 2023 19:50 WIB

Sukarelawan Distribusikan Bantuan untuk Muslim Detroit

Kedermawanan dan amal merupakan bagian ajaran syariat Islam.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
Masjid di Detroit
Foto: AP PHOTO
Masjid di Detroit

REPUBLIKA.CO.ID,DETROIT -- Kedermawanan dan amal merupakan bagian ajaran syariat Islam. Namun, bulan Ramadhan adalah kesempatan khusus untuk memperbanyak ibadah kemanusiaan ini.

Melansir laman aboutislam.net, Selasa (7/3/2023),  bekerja untuk membantu Detroit yang rentan menandai Ramadhan yang diberkati, sukarelawan dari Islamic Relief USA dan Islamic Center of Detroit telah berkumpul untuk mengemas lebih dari 1000 paket makanan pada Ahad (5/3/2023).

Baca Juga

Paket itu berisi beras, tepung, pasta, gula, dan lebih dari belasan bahan tahan lama lainnya untuk keluarga di komunitas yang akan berpuasa selama Ramadhan.

"Ada keluarga yang bekerja tetapi mereka menghasilkan cukup uang untuk membayar sewa atau membayar belanjaan tetapi tidak cukup untuk melakukan keduanya, jadi kami menugaskan ini kepada keluarga berpenghasilan rendah dan keluarga pengungsi, sehingga ketika mereka berbuka puasa mereka memiliki sesuatu untuk berbuka puasa.” kata Wsmah Siddiqui, koordinator relawan organisasi tersebut.

Berkumpul di pusat Detroit, sekitar 80 sukarelawan menyusun paket, menambahkan bahan makanan, memasukkan kotak ke palet, dan melakukan pekerjaan lain untuk mencapai target 1.000 kotak.

Setiap kali para relawan menyelesaikan satu palet berisi 28 kotak, mereka bertepuk tangan dan bersorak. Kotak-kotak tersebut akan didistribusikan pada hari Ahad hingga pekan pertama Ramadan.

Abdul-Kader Azrak, (19 tahun), menyumbang ke Islamic Relief sebelumnya. Dia menerima pesan yang mengundangnya untuk menjadi sukarelawan.

“Mereka mengatakan itu untuk kemasan Ramadhan dan saya seperti, 'Mengapa tidak? Aku bebas. Saya akan datang dan membantu,” kata Azrak, yang keluarganya berasal dari Suriah.

Layla Zedan dari Canton Township juga menjadi sukarelawan untuk pertama kalinya bersama ketiga anaknya.

“Ini adalah pertama kalinya kami di sini. Ayah saya biasa datang ke masjid ini sekitar 20 tahun yang lalu. Kami sangat senang berada di sini. Anak-anak bersenang-senang,” kata Zedan, 41.

Ramadhan adalah bulan paling suci dalam kalender Islam. Bulan Ramadhan yang diberkahi akan dimulai pada Kamis, (23/3/2023), menurut perhitungan astronomi.

Sumber:

https://aboutislam.net/muslim-issues/n-america/ramadan-blessings-volunteers-pack-food-boxes-for-detroit-vulnerable/

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement