Rabu 08 Mar 2023 13:59 WIB

Rekonstruksi Masjid Al Nuri di Mosul Masuki Tahap Akhir

Masjid Al Nuri merupakan simbol sejarah dan budaya kota yang kaya.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Agung al-Nuri di Mosul, Irak, 7 Agustus 2017. Rekonstruksi Masjid Al Nuri di Mosul Masuki Tahap Akhir
Foto: REUTERS/Suhaib Salem
Masjid Agung al-Nuri di Mosul, Irak, 7 Agustus 2017. Rekonstruksi Masjid Al Nuri di Mosul Masuki Tahap Akhir

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Kemitraan UEA-Unesco pada Selasa (7/3/2023) meluncurkan fase rekonstruksi terakhir kompleks masjid Al Nuri di kota Mosul, termasuk menara Al Hadba. Rekonstruksi masjid ini merupakan sebuah harapan dan tekad kuat yang masih tersisa di kota yang kerap dilanda perang itu.

Landmark tersebut dahulu merupakan simbol sejarah dan budaya kota yang kaya, namun diledakkan oleh ISIS ketika pasukan pemerintah yang didukung AS mendekati kota tua Mosul pada Juni 2017. Mosul merupakan benteng kota terakhir bagi militan dalam lebih dari tiga tahun perang yang meninggalkan sebagian besar wilayah tersebut dalam reruntuhan.

Baca Juga

Pada awal 2018, badan kebudayaan PBB meluncurkan inisiatif andalannya “Revive the Spirit of Mosul”, beberapa bulan setelah deklarasi kemenangan atas ISIS. Inisiatif ini bertujuan memulihkan bangunan ikonik dan situs warisan kota, sekaligus memperkuat sistem pendidikan dengan merehabilitasi dan memperbaiki sekolah.

UEA menyumbangkan 50 juta dolar (Rp 773 miliar) untuk memulihkan kompleks Al Nuri, serta dua gereja terdekat, Al Saa'a dan Al Tahera. Dalam sebuah upacara yang diadakan bersama Menteri Kebudayaan Irak Ahmed Al Badrani, Direktur Jenderal Unesco Audrey Azoulay meletakkan beberapa batu yang diambil dari reruntuhan masjid pada 2017.

“Saya sudah lama menunggu momen ini, untuk meluncurkan tahap akhir menara Al Hadba,” kata Azoulay kepada wartawan, dilansir dari The National News, Rabu (8/3/2023).

“Kami tahu betapa pentingnya Menara Al Hadba untuk Mosul, untuk Irak, untuk kota yang sangat menderita selama beberapa tahun terakhir. Itu adalah simbol kekayaan sejarah Irak dan dengan membangunnya kembali, kami menghidupkan kembali simbol ini,” kata Azoulay.

Pada 2014, Mosul menjadi pusat kekuasaan brutal ISIS di Irak. Sementara kelompok teroris menduduki wilayah yang luas di negara itu, penduduk setempat mengatakan bahwa tidak ada kota lain di negara itu yang mengalami kontrol penuh dari ekstremis seperti Mosul.

“Kita tahu Mosul, sebelum pendudukan, adalah kota budaya, kota pendidikan, kota keragaman dan justru karena itulah Mosul menjadi sasaran kekerasan (ISIS),” kata Azoulay.

Dia berterima kasih kepada semua mitra global yang telah mendukung proyek Revive the Spirit of Mosul, terutama kepada UEA, atas rekonstruksi masjid Al Nuri. Para mitra itu, mengatakan ingin berada di sisi rakyat Mosul untuk mendukung mereka membangun kembali masa depan mereka. Azoulay mengatakan dalam pidatonya bahwa masyarakat internasional mendukung semua warga Irak.

“Unesco secara khusus mendukung mereka karena tidak akan ada perdamaian dan masa depan tanpa warisan, pendidikan (dan) budaya,” ujar Azoulay.

Masjid Al Nuri dibangun pada paruh kedua abad ke-12 dan dikenal sebagai Masjid Agung Mosul. Menara Al Hadba dibangun pada 1172 oleh penguasa Seljuk Nur Al Din sebagai bagian dari kompleks keagamaan. Tingginya 45 meter dan dihiasi dengan batu bata hias.

Selama berabad-abad, Masjid Al Nuri dan menaranya yang miring, dijuluki "si bungkuk", telah menjadi salah satu pemandangan kota yang paling terkenal. Menara ini juga sangat penting secara nasional dan dicetak pada uang kertas negara 10.000 dinar.

Sebelumnya, Azoulay berkeliling labirin kota tua di sekitar kompleks masjid Al Nuri di mana Unesco telah merenovasi rumah-rumah tua. Insinyur Unesco memberi tahu dia tentang kemajuan sejauh ini.

Beberapa rumah telah selesai direnovasi dan diserahkan kepada keluarga mereka sementara yang lain masih dalam tahap rehabilitasi. Ketika dia mengunjungi gereja Al Saa'a di dekatnya, dia mengembalikan suara yang akrab ke tempat yang terkenal dengan koeksistensi Kristen-Muslim.

Lonceng barunya berbunyi lagi untuk pertama kalinya sejak kota itu dibebaskan. Tiga lonceng dinamai Malaikat Jibril, Michael dan Raphael, dilemparkan di Normandia dan dibawa awal tahun ini. Bekas luka perang masih terlihat di setiap sudut kota tua dari tembok yang penuh peluru hingga mobil yang hangus dan rumah yang rusak.

Sumaya Taha (50 tahun), ibu empat anak, keluar dari rumahnya yang baru direnovasi untuk memeluk dan mencium Azoulay. “Terima kasih, terima kasih atas semua kerja baik Anda untuk kami. Kami sangat mengapresiasinya,” kata dia.

Rumah Taha rusak selama pertempuran untuk mengusir militan ISIS keluar dari Kota Tua. “Jika bukan karena organisasi internasional, terutama UNESCO, kami tidak akan kembali ke rumah kami lagi. Lingkungan kami menjadi indah, bahkan lebih baik dari sebelumnya”, katanya.

Irak adalah rumah bagi enam Situs Warisan Dunia yang terdaftar di UNESCO, termasuk kota kuno Babel, situs beberapa kerajaan kuno di bawah penguasa seperti Hammurabi dan Nebukadnezar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement