Selasa 07 Mar 2023 11:20 WIB

Jelang Ramadhan, Rumah Belajar Sekar Perkuat Literasi Anak

Rumah belajar SEKAR kembali mengadakan agenda pembinaan rutin,

Rumah belajar SEKAR kembali mengadakan agenda pembinaan rutin, Ahad (05/03)
Foto: dok sekar
Rumah belajar SEKAR kembali mengadakan agenda pembinaan rutin, Ahad (05/03)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Rumah belajar SEKAR kembali mengadakan agenda pembinaan rutin, Ahad (05/03). kemarin.Dalam agenda kali ini, sedikit berbeda dari pembinaan sebelumnya. Acara yang dihadiri seluruh peserta didik Rumah Belajar SEKAR menekankan pada pembinaan karakter dan peningkatan literasi pada anak.

Bayu Mahardika selaku pengurus Rumah Belajar SEKAR dan para fasilitator pengajar sudah sejak tahun lalu selalu menyinggung dua hal di atas. Dua muatan pembelajaran penting tentang karakter dan literasi harus diajarkan kepada seluruh peserta didik supaya bisa membentuk karakter anak. “Pembinaan bagi peserta didik di Rumah Belajar SEKAR saat ini menekankan pada pembinaan karakter dan peningkatan literasi anak. Dengan adanya pembinaan ini peserta secara perlahan mulai bisa menerapkan budaya positif tersebut untuk diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari”, jelasnya. 

Baca Juga

Lebih lanjut, Bayu Mahardika juga menargetkan kegiatan #BacaBarengIbu pada bulan Ramadhan tahun ini untuk bisa melakukan kegiatan baca buku di rumah bersama anak. "Semoga di Ramadhan ini jadi momentum untuk seluruh orang tua peserta Rumah Belajar SEKAR untuk menemani anak-anaknya membaca buku di rumah, sehingga kebiasaan baik yang dimulai di Ramadhan ini bisa terbawa ke bulan-bulan selanjutnya”, tambahnya.

Program peningkatan literasi yang dilakukan itu, juga didukung oleh Khoirul Nur selaku Perwakilan LMI Jakarta sebagai salah satu upaya peningkaan minat baca kepada anak sejak dini. Kebiasaan membaca perlu diajarkan dan dibiasakan kepada anak-anak untuk memperluas pengetahuan. “Kita ketahui bahwa minat baca pada anak masih tergolong rendah. Maka dari itu anak-anak perlu dikenalkan buku sejak kecil supaya mereka akrab dengan buku. Sebagai orang tua, kita perlu memberi waktu bersama anak-anak untuk membaca buku bersama bahkan berdiskusi mengenai isinya”, jelasnya.

Dengan kegiatan peningkatan literasi itu, Rumah Belajar SEKAR bisa membantu anak-anak agar mempunyai kebiasaan baik yang selalu diterapkan oleh peserta didik untuk selalu membaca buku atau bahan bacaan dari sumber lain. Di sisi lain, peningkatan literasi dapat menguatkan hubungan antara ibu dan anak melalui kegiatan #BacaBarengIbu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement