Senin 06 Mar 2023 07:04 WIB

Pakistan Naikkan Kuota Haji Khusus Tahun Ini

Ratusan ribu warga Pakistan akan pergi haji tahun ini.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Pakistan Naikkan Kuota Haji Khusus Tahun Ini. Foto:  Polisi Arab Saudi berbicara dengan Jamaah haji Pakistan saat  melintasi Kota Mina, Makkah, Arab Saudi, Jumat (9/8). Sekitar 2 juta jamaah haji dari berbagai negara akan memulai berwukuf di tempat ini sebagai syarat sah berhaji.
Foto: Amr Nabil/AP
Pakistan Naikkan Kuota Haji Khusus Tahun Ini. Foto: Polisi Arab Saudi berbicara dengan Jamaah haji Pakistan saat melintasi Kota Mina, Makkah, Arab Saudi, Jumat (9/8). Sekitar 2 juta jamaah haji dari berbagai negara akan memulai berwukuf di tempat ini sebagai syarat sah berhaji.

REPUBLIKA.CO.ID,ISLAMABAD — Pemerintah Pakistan menaikkan kuota haji khusus untuk warga negara Pakistan di luar negeri dari 25 persen menjadi 50 persen. Kebijakan ini diambil setelah Pakistan bergulat dengan kekurangan dolar AS dan Menteri Keuangan Ishaq Dar yang bersumpah bahwa operasi haji tahun 2023 tidak akan terpengaruh oleh rendahnya cadangan devisa di negara tersebut.

Meskipun Dar mengklaim bahwa ibadah haji tidak akan terpengaruh meskipun krisis ekonomi, telah terjadi pengurangan 25 persen kuota haji bagi warga negara yang tinggal di negara tersebut. Keputusan ini diambil dalam pertemuan Menteri Keuangan Ishaq Dar dengan Menteri Agama Abdul Shakoor. 

Baca Juga

Dilansir dari Dawn pada Ahad (6/3/2023), sesuai keputusan, orang Pakistan di luar negeri akan memanfaatkan kuota 50 persen dalam skema haji pemerintah 2023 dengan melakukan pembayaran dalam dolar AS. Ini sebagai upaya pemerintah Pakistan untuk meminimalkan arus keluar dolar dan meminimalkan tekanan pada cadangan devisa negara yang sudah menipis.

Skema Sponsor Haji hanya untuk orang Pakistan di luar negeri atau kerabat mereka. Warga Pakistan yang mengirimkan valuta asing dari luar negeri ke rekening yang ditunjuk akan mendapat manfaat dari skema ini. Selain itu, paspor Pakistan akan diminta untuk bergabung dengan skema sponsor.

“Untuk 50 kuota yang tersisa, Dar telah memberikan jaminan kepada menteri agama untuk mengatur devisa untuk haji meskipun situasi ekonomi sulit,” kata seorang sumber resmi kepada Dawn.

Sisa 50 persen kuota skema haji pemerintah akan didistribusikan untuk skema haji publik dan swasta. Di bawah skema haji reguler, aplikasi akan dikumpulkan di bank-bank Pakistan yang ditunjuk.

Di bawah skema pemerintah, pengeluaran yang ditentukan per jamaah akan menjadi Rs1,1 juta hingga Rs1,2 juta sesuai dengan nilai tukar saat ini. Itu akan berfluktuasi dengan perubahan nilai tukar. 

Pemerintah Arab Saudi dilaporkan juga menaikkan tarif pajak haji sebesar 18 persen menjadi 20 persen, yang mungkin juga menaikkan biaya haji.

Menurut pejabat itu, keputusan bersama dengan kebijakan haji 2023 akan diajukan ke kabinet untuk persetujuan resmi tarif PIA minggu depan.

PIA telah mengumumkan tarif untuk haji pribadi tahun ini berkisar antara 870 dolar AS (Rp 13,3 juta) dan 1.180 dolar AS (Rp 18 juta) untuk setiap jamaah dari wilayah selatan yang terdiri dari Karachi, Quetta, Sukkur dan Hyderabad. Tarif penerbangan untuk setiap peziarah di wilayah utara – Lahore, Islamabad, Peshawar, Multan dan kota-kota lain – akan berkisar antara 910 dolar (Rp 13,9 juta) dan 1.220 dolar (Rp 18,6 juta).

Untuk kuota haji resmi, Kementerian Agama akan mengumumkan tarifnya.

PIA akan melanjutkan operasi penerbangan haji dari 21 Mei hingga 2 Agustus. Maskapai penerbangan Saudi bersama dua maskapai swasta di Pakistan juga akan beroperasi dari seluruh Pakistan dalam operasi haji.

Total pengeluaran dalam dolar AS untuk skema haji tahun 2023 diperkirakan sekitar 2 miliar dolar (Rp 30,5 triliun) Kementerian keuangan telah menyampaikan ketidakmampuannya untuk mengatur jumlah devisa yang begitu besar ketika negara tersebut memiliki cadangan lebih dari 3 miliar dolar yang hampir tidak dapat menutupi tagihan impor negara selama tiga minggu.

Menurut pengumuman resmi, pertemuan itu diinformasikan bahwa lebih dari 179.000 warga Pakistan diperkirakan akan pergi haji tahun ini.

Sumber:

https://www.dawn.com/news/1740494/haj-quota-cut-for-locals-doubled-for-overseas-pilgrims

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement