Kamis 02 Mar 2023 12:57 WIB

Kabupaten Tanah Bumbu Perkuat SDM Lewat "Satu Desa Satu Masjid"

Zairullah menilai masjid dapat dijadikan sebagai tempat menimba ilmu anak-anak.

Umat muslim melakukan Sai di Masjidill Haram, Mekkah, (22/2/2023)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Umat muslim melakukan Sai di Masjidill Haram, Mekkah, (22/2/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, TANAH BUMBU -- Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan memperkuat kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui program "Satu Desa Satu Masjid".

"Pemerintah daerah juga fokus pada peningkatan SDM sebagai upaya meningkatkan keterampilan manusia yang unggul dan produktif," kata Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar di Angsana, Tanah Bumbu, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga

Zairullah menuturkan Pemkab Tanah Bumbu berupaya memperhatikan kualitas SDM, selain pembangunan infrastruktur dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Kepala daerah hingga Ketua RT memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan soal SDM, guna menghadapi tantangan pada masa depan. "Setiap tahun tantangan hidup semakin kompleks dan persoalan semakin banyak, sehingga dibutuhkan orang-orang yang cerdas dan pintar," ujarnya.

Zairullah menilai program Satu Desa Satu Masjid mampu memberikan akselerasi percepatan terhadap peningkatan SDM di Tanah Bumbu. Namun, Zairullah mengungkapkan peranan kepala desa cukup penting menjalankan program tersebut karena lebih mengetahui permasalahan di wilayahnya.

Fasilitas pendidikan termasuk kebutuhan sekolah pun menunjang untuk meningkatkan kualitas SDM. Program Satu Desa Satu Masjid merupakan program Pemkab Tanah Bumbu yang digulirkan sejak Juli 2022.

Seluruh umat Islam di Tanah Bumbu dapat melibatkan diri untuk memakmurkan tempat ibadah dengan melaksanakan seluruh kegiatan keagamaan di masjid terdekat. Masyarakat dan para remaja berperan penting untuk mewujudkan program tersebut dengan memanfaatkan fasilitas masjid.

Selain sebagai tempat ibadah, Zairullah menilai masjid dapat dijadikan sebagai tempat menimba ilmu anak-anak dan remaja desa seperti diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Quran.

"Jika kegiatan itu rutin dilakukan maka sama halnya kita memakmurkan masjid. Melalui program itu kita berharap SDM di Tanah Bumbu semakin berkualitas," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement