Kamis 02 Mar 2023 07:30 WIB

Masjid Glasgow Bersiap Menyambut Ramadhan

Lamanya waktu puasa Ramadhan di Glasgow diperkirakan 16 jam.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Masjid Glasgow Bersiap Menyambut Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan
Foto: Pixabay
Masjid Glasgow Bersiap Menyambut Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, GLASGOW — Masjid Pusat Glasgow, Skotlandia, telah mengungkapkan tanggal Ramadhan 2023 bisa jatuh antara 23 atau 24 Maret 2023. Lamanya waktu puasa di Glasgow diperkirakan akan terjadi selama 16 jam.

Dilansir dari Glasgow Live pada Kamis (2/3/2023), tanggal pastinya hari pertama jatuhnya bulan Ramadhan akan dikonfirmasi kembali setelah penampakan bulan yang lebih dekat.

Baca Juga

Selama bulan puasa ini, umat Muslim dilarang makan dan minum sejak matahari terbit hingga matahari terbenam. Puasa ini bagi umat Muslim, dimaksudkan sebagai pengingat bagi mereka yang kurang beruntung dan mendorong orang untuk bersyukur.

Selama Ramadhan, umat Islam akan bangun untuk sahur, untuk makanan dan berhenti setelah terbitnya fajar. Mereka kemudian akan menunggu sampai matahari terbenam, untuk buka puasa, pada saat itu, umat Muslim diizinkan untuk makan dan minum kembali.

Ramadhan bukan hanya tentang tidak makan dan minum, tetapi sama pentingnya juga untuk menghindari hal-hal lain seperti merokok dan berbicara buruk dengan orang lain.

Pada bulan Ramadhan juga, Allah menurunkan kitab Suci Alquran kepada Nabi Muhammad (saw).

Masjid Pusat Glasgow telah merilis jadwal Ramadhan 2023 dengan rincian waktu sholat dan shalat Idul Fitri juga.

Idul Fitri adalah hari perayaan yang menandai berakhirnya Ramadhan, dengan keluarga bertukar hadiah dan makanan setelah bulan puasa.

Sumber:

https://www.glasgowlive.co.uk/news/glasgow-news/glasgow-central-mosque-announces-ramadan-26361174?int_source=amp_continue_reading&int_medium=amp&int_campaign=continue_reading_button#amp-readmore-target

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement